Kompas.com - 24/03/2017, 19:00 WIB
Kondisi aktual Jalan Tol Trans Sumatera ruas MEdan-Kuala Namu-Tebing Tinggi. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRKondisi aktual Jalan Tol Trans Sumatera ruas MEdan-Kuala Namu-Tebing Tinggi.
|
EditorHilda B Alexander

MEDAN, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus memacu penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Jalan tol sepanjang 61,72  kilometer ini, terbagi menjadi tujuh seksi. Seksi I sampai Seksi 6 sepanjang 52,85 kilometer yang terbentang dari Tanjung Morawa hingga Sei Rampah, ditargetkan selesai akhir 2017.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Kondisi aktual Jalan Tol Trans Sumatera ruas Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi.
Sementara Seksi 7 Sei Rampah-Tebing Tinggi rampung pada April 2018 karena masih terkendala pengadaan lahan yang melewati kawasan permukiman. Secara keseluruhan progres ruas tol Sei Rempah-Tebing Tinggi sudah mencapai 75 persen.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Kondisi aktual Jalan Tol Trans Sumatera ruas Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi. Tampak dalam gambar Gerbang Tol (GT) Lubuk Pakam.
Meskipun demikian, sebagian besar ruas tol yakni sepanjang 42,1 kilometer mulai dari Kualanamu-Perbarakan hingga Sei Rampah, dan Seksi II hingga Seksi VI, bisa berfungsi untuk memperlancar arus mudik Lebaran pada bulan Juli 2017.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Kondisi aktual Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi.
Nantinya pemudik yang turun di Bandara Kualanamu menuju Tebing Tinggi, bisa langsung masuk tol tanpa dikenakan tarif dan keluar di Sei Rampah. Sementara pemudik dari arah Medan masuk di simpang susun Lubuk Pakam.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Kondisi aktual Jalan Tol Trans Sumatera ruas Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi.
Demikian juga masyarakat dari Tebing Tinggi yang menuju bandara dan Medan bisa menggunakan tol ini mulai dari Sei Rampah keluar di Kuala Namu.

Dengan dibukanya tol tersebut, kendaraan akan terhindar dari beberapa titik kemacetan di jalan nasional seperti di Lubuk Pakam, Perbaungan dan Pasar Bengkel.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Kondisi aktual Jalan Tol Trans Sumatera ruas Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi.
Pada hari biasa, perjalanan dari Medan-Kualanamu dengan jarak sekitar 75 kilometer ditempuh dalam waktu 3 jam. Diharapkan dengan selesainya tol, akan mempercepat waktu tempuh menjadi 1 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.