Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura, Kota dengan Kualitas Hidup Terbaik di Asia

Kompas.com - 21/03/2017, 07:35 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SINGAPURA, KompasProperti - Singapura tampil sebagai tempat tinggal terbaik di Asia bagi ekspatriat dan peringkat ke-25 secara global menurut survei Quality of Living milik Mercer.

Sementara itu, secara global, Ibu Kota Austria Vienna masih menjadi tempat tinggal terbaik untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut, dan diikuti Zurich di posisi kedua dan Auckland di posisi tiga.

Di Asia, Singapura diikuti oleh kota-kota Jepang seperti Tokyo, Kobe, Yokohama, dan Osaka yang masing-masing ada di peringkat 47,50, 51, dan 60 secara global.

Selain itu, Negeri Singa juga menduduki peringkat teratas dalam hal penyediaan infrastruktur kota.

Dalam pernyataannya, Mercer menjelaskan bahwa infrastruktur memainkan peran penting ketika para perusahaan asing memutuskan tempat pengembangan bisnisnya dan mengirim para pekerjanya.

"Kesuksesan penempatan ekspatriat asing dipengaruhi oleh beberapa hal semisal kemudahan perjalanan dan komunikasi, sanitasi sesuai standar, kemudahan akses ke layanan publik," ucap Direktur Mercer Slagin Parakatil.

Parakatil menambahkan, infrastruktur kota bisa menjadi satu hal paling dipikirkan dan memengaruhi kualitas hidup para ekspatriat dan keluarganya terutama yang berhubungan dengan kebutuhan hariannya.

Hal-hal lainnya yang memengaruhi baiknya kualitas hidup seseorang terutama ekspatriat di sebuah negara adalah banyaknya pilihan akses transportasi, kemudahan koneksi secara nasional dan internasional, serta akses kelistrikan dan kemudahan air minum.

"Maka dari itu, infrastruktur yang dikembangkan dengan baik juga bisa menjadi kunci persaingan dan keuntungan bagi negara dan kota agar bisa menarik perusahaan multinasional dan investasi asing," pungkas Parakatil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com