Kompas.com - 20/03/2017, 22:00 WIB
Konvensi Arsitektur, 5-8 April 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan. Dokumentasi IAIKonvensi Arsitektur, 5-8 April 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) telah berdiri sejak 17 September 1959 dan menjadi satu-satunya asosiasi profesi arsitek di Tanah air.

Asosiasi ini didirikan untuk menjaga dan membangun profesi arsitek yang benar di Indonesia. Pada 5 April 2017 mendatang, IAI bakal mengadakan konvensi pertama di Makassar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Visi tentang keberadaan arsitek di Indonesia ini bukan semata untuk kepentingan arsitek, tetapi justru untuk menjaga Indonesia, tanah air, dan bangsanya," ujar Ketua IAI Ahmad Djuhara melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Senin (20/3/2017).

Ia menuturkan, Indonesia yang kaya budaya, tanah dan bangsanya, perlu terus dijaga dengan kesadaran tentang pemahaman komprehensif tentang sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

Arsitek sebagai salah profesi penting sudah diakui perannya dalam perjalanan seluruh perkembangan peradaban dunia.

Sementara arsitektur adalah bukti artefak nyata yang sebaiknya dianggap penting dari peradaban sebuah bangsa.

Jati diri Indonesia selalu menjadi perdebatan penting dan arsitektur adalah salah hal yang sangat penting dalam menjaga identitas.

"Tidak berlebihan bila kami menyebut bahwa ketahanan dan kedaulatan bangsa Indonesia juga menyangkut arsitektur, dan profesi arsitek yang menjaganya," kata Djuhara.

Dokumentasi IAI Konvensi Arsitektur, 5-8 April 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan.
Lebih lanjut, ia menyebut IAI dibangun lewat jalan terhormat, dengan cara-cara terhormat dan akan selalu menjaga Kode Etik Profesi Arsitek IAI.

Konvensi Arsitektur IAI adalah sebuah jalan baru untuk memastikan semua upaya merawat hubungan selalu terjadi di antara semua pengampu persoalan arsitektur bangsa Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.