Dampak Krisis Freeport, Okupansi Hotel di Timika Anjlok 30 Persen

Kompas.com - 20/03/2017, 10:19 WIB
ilustrasi hotel shutterstockilustrasi hotel
EditorHilda B Alexander

TIMIKA, KompasProperti - Para pelaku usaha jasa perhotelan di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, mulai merasakan dampak krisis yang menimpa PT Freeport Indonesia.

Manajer Hotel Noken Timika Wisnu Aji mengatakan tingkat hunian hotel-hotel di Kota Timika kini menurun drastis hingga 30 persen.

Jika krisis yang menimpa PT Freeport Indonesia terus berlanjut, dapat dipastikan sebagian usaha perhotelan di Timika gulung tikar.

"Tingkat hunian di Hotel Noken Timika biasanya 60 persen sampai 70 persen. Tapi mulai pertengahan Februari, menurun jauh sampai 30 persen. Gonjang-ganjing yang terjadi di PT Freeport sangat mempengaruhi usaha perhotelan," kata Wisnu, seperti dikutip Antara, Senin (20/3/2017).

Wisnu menuturkan, tamu yang menginap di Hotel Noken Timika sebagian besar merupakan karyawan PT Freeport Indonesia maupun karyawan perusahaan-perusahaan sub-kontraktornya.

Pengelola hotel yang beralamat di Jalan Cenderawasih Timika itu memberikan potongan harga khusus bagi karyawan-karyawan yang bekerja di sana.

Kondisi seperti ini, aku Wisnu, bukan hanya menimpa Hotel Noken, melainkan hotel-hotel lainnya di Timika.

ThinkStock ILUSTRASI - Kamar hotel
Dia menjelaskan, periode Desember-awal Januari biasanya tamu hotel berkurang karena karyawan-karyawan tersebut pulang liburan ke daerah asal.

"Nanti agak ramai lagi mulai pertengahan Januari. Tapi begitu masuk Februari terjadi gejolak di Freeport dimana imbasnya sangat berat buat kami," kata Wisnu.

Hotel Noken Timika menyediakan 58 kamar, terdiri atas dua kamar deluxe room, delapan kamar superior room dan sisanya kamar standar. Tarif menginap di Hotel Noken Timika bervariasi mulai dari Rp 400.000 per malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber ANTARA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X