Kompas.com - 19/03/2017, 17:54 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated (tol layang) sudah dimulai.

Saat ini, pengerjaannya dalam tahap pelebaran jalan kiri dan kanan Tol Jakarta-Cikampek eksisting supaya tidak mengganggu lalu lintas. Tol ini ditargetkan dapat beroperasi 2019.

"Selesainya 2018 mungkin Agustus," ujar Direktur Operasional PT Waskita Karya (persero) Tbk Nyoman Wirya Adnyana usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Jumat (17/3/2017).

Nyoman mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan pelebaran pada 6 titik di Tol Jakarta-Cikampek eksisting. Setelah dilebarkan, pengerjaan akan dilakukan di tengah tol tersebut.

Dalam pembangunan tol ini, kebutuhan beton dipasok dari anak usaha Waskita, PT Waskita Beton Precast Tbk, sedangkan pengadaan rangka ditunjang oleh PT Bukaka Teknik Utama Tbk.

Proyek ini merupakan hasil kerja sama Waskita dengan PT Acset Indonusa Tbk (ACSET) (KSO Waskita-Acset) bersama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek dengan nilai Rp 13,5 trliun.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated didesain sepanjang 38,6 kilometer. Dalam kerja sama ini, porsi Waskita adalah 51 persen dan mengerjakan ruas dari Cikunir hingga Cikarang sepanjang 19,7 kilometer.

Adapun ACSET 49 persen dan mengerjakan ruas dari Cikarang hingga Karawang sepanjang 18,9 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.