Jokowi Resmikan Beranda Negara Nanga Badau

Kompas.com - 16/03/2017, 21:07 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau, Kalimantan barat, Kamis (16/3/2017). Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRPresiden Joko Widodo meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau, Kalimantan barat, Kamis (16/3/2017).
|
EditorHilda B Alexander

KAPUAS HULU, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penggunaan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Nanga Badau di Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Malaysia, Kamis (16/3/2017).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan semua PLBN yang telah dibangun membanggakan bangsa Indonesia dan tidak kalah dengan negara tetangga.

"Saya minta tidak hanya pos lintas batas saja yang dibangun, tetapi juga pasar modern agar masyarakat bisa menikmati. Tahun ini mulai dibangun dan tahun depan ditargetkan selesai," tutur Jokowi.

Beroperasinya PLBN Nanga Badau ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan lintas batas negara, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu juga menumbuhkan pusat pertumbuhan wilayah baru sebagai embrio kawasan perbatasan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

PLBN Nanga Badau dibangun dengan tujuan mengubah wajah perbatasan NKRI setara bahkan lebih baik dari negara tetangga sehingga layak disebut sebagai beranda Indonesia.

Secara total, terdapat tiga PLBN di Kalimantan Barat. Setelah PLBN Entikong dan Nanga Badau masih ada PLBN Aruk yang rencananya akan diresmikan Jokowi pada akhir pekan ini.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR PLBN Nanga Badau
Total dana yang digelontorkan Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun kembali PLBN Nanga Badau adalah sebesar Rp 153,85 miliar.

Rumah panjang

PLBN Nanga Badau mengakomodasi bangunan khas Kalimantan yaitu Rumah Panjang. Rumah Panjang merupakan rumah adat yang biasa dihuni oleh suku Dayak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X