Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keramika 2017 Jadi Wadah Perkenalan Produk Dalam Negeri

Kompas.com - 16/03/2017, 13:31 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Hampir semua negara besar produsen keramik ternama menggelar pameran untuk memperkenalkan produk mereka ke kancah global.

Untuk itu, pameran keramik di Indonesia juga perlu digelar demi tujuan serupa, terutama dengan menggandeng produseb keramik tile, sanitary, atau roof tile.

"Ini jadi gerbang pemerintah untuk memperkenalkan produk keramik andalan dari hasil karya bangsa sendiri," ujar Ketua Asosisasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Elisa Sinaga saat sambutan acara Keramika 2017, Kamis (16/3/2017).

Keramik menjadi salah kebutuhan masyarakat. Industri lokal sudah mampu membuat keramik sendiri dengan kualitas dan kuantitas yang tidak kalah dari negara asing.

Elisa menyayangkan jika kebutuhan ini harus dipenuhi dengan mengimpor dari negara lain.

"Pameran Keramika bisa memberikan informasi bahwa Indonesia punya karya berupa keramik yang bisa diandalkan," sebut Elisa.

Keramika 2017 yang digelar mulai 16 Maret hingga 19 Maret mendatang menyajikan produk-produk dalam negeri yang kualitasnya dapat dikatakan hampir sama dengan negara maju.

Ada produsen yang memiliki mesin dengan teknologi terbarukan dan canggih. Mereka mampu menghasilkan produk keramik dengan ukuran super-besar.

Hal ini merupakan lompatan teknologi tersendiri di industri keramik. Selain itu, ada pula penggunaan mesin cetak digital sehingga hasil desain motif dapat memperkaya produksi keramik dan memenuhi kebutuhan arsitektur.

"Kami berharap melalui Keramika 2017, semua pihak termasuk pemerintah, bangga memprioritaskan hasil karya sendiri dalam menopang pembangunan konstruksi Indonesia," tutup Elisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com