Kementerian PUPR Studi Revitalisasi Danau Laut Tawar

Kompas.com - 15/03/2017, 19:00 WIB
Salah satu lanskap objek wisata Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah. Kontributor Takengon, Iwan Bahagia Salah satu lanskap objek wisata Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah.
|
EditorHilda B Alexander

BANDA ACEH, KompasProperti - Balai Wilayah Sungai Sumatera I Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan studi revitalisasi Danau Laut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Kepala Seksi Pelaksanaan Balai Wilayah Sungai Sumatera I Azriyan mengatakan revitalisasi diperlukan agar Danau Laut Tawar berfungsi maksimal untuk masa depan masyarakat Aceh Tengah.

"Kondisi Danau Laut Tawar telah mengalami penyusutan serta berbagai masalah lainnya sehingga memerlukan upaya revitalisasi," ujar Azriyan seperti dikutip Antara, rabu (15/3/2017).

Menurut dia dari hasil studi tersebut nantinya akan ada rekomendasi yang harus dilakukan untuk revitalisasi fungsi Danau Laut Tawar, baik fisik maupun non-fisik.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam pelaksanaan studi tersebut . Termasuk langkah-langkah yang akan dilakukan setelah ada hasil dari studi ini," tambah Azriyan.

Bupati Aceh Tengah Nasaruddin menilai Danau Laut Tawar memang perlu direvitalisasi karena telah terjadi penurunan fungsi.

"Danau Laut Tawar memang terletak di Aceh Tengah tapi airnya dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Aceh yang berdomisili di beberapa kabupaten dan kota pesisir utara Aceh," imbuh dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika fungsi danau terganggu, lanjut Nasaruddin, yang merasakan dampaknya bukan hanya masyarakat sekitar, tapi lebih besar adalah masyarakat di pesisir atau di hilir.

"Artinya untuk pengelolaan danau perlu kebersamaan dan dukungan pemerintah provinsi maupun pusat," demikian Nasaruddin.



Sumber ANTARA
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X