Kompas.com - 08/03/2017, 07:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Facebook diam-diam telah meluncurkan fitur City Guides (panduan perkotaan) pada aplikasinya yang mampu membuat penggunannya melakukan pemesanan hotel dan restoran.

Bukan hanya itu, fitur anyar tersebut juga bisa membuat pesan atau panggilan untuk hotel, restoran, dan biro perjalanan.

Kebanyakan tempat yang muncul pada City Guide Facebook memiliki fitur perpesanan dan panggilan telepon begitu pengguna melakukan tinjauan.

Namun, pada beberapa lokasi seperti Aria Resort & Casino di Las Vegas dan Eliot Hotel di Boston, pengguna bisa men-tap tombol 'Book Now' pada aplikasi Facebook-nya dan membuat reservasi langsung dengan pihak hotel.

Tombol 'Book Now' juga ada pada beberapa restoran seperti ROKA Charlotte Street di London yang reservasi makan di sana bisa dibuat melalui Priceline Group's OpenTable.

Sebelumnya, pengguna Facebook bisa melakukan pemesanan Uber, membeli tiket Icelandair atau melakukan percakapan dengan Administrasi Keselamatan Transportasi AS pada aplikasi Facebook Messenger.

Kini perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg tersebut menambah fungsi pemandu kota pada fitur City Guides.

Pergerakan Facebook untuk bermain dalam sistem perjalanan bisa dianggap sebagai sebuah tantangan besar bagi Google yang pada September 2016 silam merilis aplikasi Google Trips lengkap dengan fitur "Things to do" dan kemampuan menciptakan "Day plans."

Namun, tak seperti Facebook, Google Trips tidak menyediakan fitur pemesanan atau bisa dikatakan belum menyediakannya.

Pembaruan aplikasi Facebook pada 2 Maret 2017 di AS menambah fitur City Guides pada bagian bawah daftar fitur aplikasi terbaru.

City Guides mampu menunjukkan pengguna berbagai macam kota di seluruh dunia seperti Melbourne, Australia.

Pengguna juga bisa mentap dan meninjau beberapa tempat di sana seperti Tenis Terbuka Australia 2017 atau galeri seni di Jalan Hosier Land serta tempat-tempat lainnya yang pernah teman-teman Facebook pengguna kunjungi.

City Guides sendiri merupakan jalan bagi Facebook untuk masuk ke dalam pasar perencana perjalanan dan pemesanan sebuah tempat yang menjadi penting ketika melakukan liburan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber skift.com


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.