Jazirah Arab Sumbang Tiga Hotel Terbesar Dunia

Kompas.com - 07/03/2017, 16:33 WIB
Abraj Kudai, kompleks pengembangan hotel terbesar di Mekkah, Arab Saudi. Dar Al-HandasahAbraj Kudai, kompleks pengembangan hotel terbesar di Mekkah, Arab Saudi.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Proyek baru dalam industri perhotelan global dianggap sudah biasa. Demikian halnya dengan fluktuasi pasar yang ditandai naik-turunnya tingkat permintaan, pasokan, maupun pendapatan.

Namun, bila ada pengembangan hotel dalam jumlah tak biasa, yakni di atas 5.000 kamar dalam satu proyek, bisa dibilang istimewa.

Hasil riset Tophotelprojects menyebutkan, terdapat lima pengembangan hotel dengan jumlah kamar terbanyak di dunia.

Menariknya, tiga di antara proyek-proyek skala mega ini ada di jazirah Arab. Mereka Holiday Inn Makkah Abraaj Al Tayseer di Mekkah, Arab Saudi, Bawadi Project di Dubai, Uni Emirat Arab, dan Abraj Kudai Towers di Mekkah, Arab Saudi.

Tak tanggung-tanggung, masing-masing proyek ini mencakup ribuan kamar dengan fasilitas mewah yang didambakan para pelancong bisnis, leisure, maupun pelancong reliji. 

Berikut lima proyek hotel terbesar di dunia.

1. Abraj Kudai Towers

Fasilitas menginap ini berada di lahan seluas 6 hektar di jantung kota suci Mekkah. Hingga artikel ini ditulis, Abraj Kudai Towers merupakan proyek skala mega terbesar yang mencakup 10.000 kamar.

Total luas bangunan yang dikembangkan 1,4 juta meter persegi mencakup 12 menara. Fitur-fitur yang melengkapinya adalah pusat belanja, restoran, food court, pusat konvensi, taman parkir, dan stasiun bus.

Rencananya, Abraj Kudai Towers dibuka untuk publik pada kuartal IV-2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X