Ada Trans-Papua, Waktu Tempuh Merauke-Tanah Merah 8 Jam

Kompas.com - 27/02/2017, 07:00 WIB
Jalan Trans Papua Arief Budi Jalan Trans Papua
|
EditorHilda B Alexander

MERAUKE, KompasProperti - Pembangunan Jalan Trans-Papua yang tengah dikerjakan pemerintah mendorong terciptanya konektivitas yang lebih efektif, dan efisien.

Kendati belum seluruh jaringan jalan sempurna dibangun, setidaknya dapat mempersingkat waktu tempuh, menghemat pengeluaran untuk bensin, dan juga tenaga pengendara.

Dalam ekspedisi yang digelar selama lima hari pada Kamis (16/2/2017) hingga Senin (20/2/2017), Kompas.com mencatat lamanya perjalanan efektif menyusuri Trans-Papua sisi selatan dari Kabuapten Merauke menuju Tanah Merah yang berjarak 494,26 kilometer ditempuh dalam waktu 8 jam. 

Waktu tempuh ini jauh lebih singkat ketimbang beberapa tahun lalu, saat ruas-ruas Jalan Trans-Papua belum diperbaiki, diaspal, ataupun dibangun.

Baca: Membumikan Harapan Lewat Jalur Trans-Papua Sisi Selatan

Sebelumnya, menurut Rian (26 tahun), warga aseli Papua asal Kabupaten Merauke, perjalanan dengan rute yang sama seperti naik kapal laut. Bisa dua hingga tiga hari.

"Sekarang sudah mendingan. Cuma 8 jam. Tapi itu dengan catatan ruas Getentiri-Boven Digoel tak rusak parah. Kalau masih rusak parah ya bisa 10 jam-11 jam," kata Rian.

Karena itu, Rian berharap pemerintah segera menyelesaikan perbaikan, dan penanganan ruas-ruas Jalan Trans-Papua yang rusak. 

Ada pun ruas-ruas jalan yang rusak ringan, sedang, dan berat sepanjang 38 kilometer. Kerusakan berada di wilayah Kabupaten Merauke-Muting-Getentiri atau batas Kabupaten Merauke dengan Kabupaten Boven Digoel.

Jalan rusak, tambah Rian, sangat merugikan. Baik dari segi waktu, tenaga, maupun biaya perjalanan. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X