"Newport Priok" Dongkrak Harga Apartemen di Kawasan Ancol

Kompas.com - 24/02/2017, 17:19 WIB
Salah satu faktor pendukung bisnis properti apartemen di kawasan Ancol Barat adalah rencana pengembangan Newport Tanjung Priok 2 dan 3. Ini yang akan mengerek harga properti. Dok Grand Marina AncolSalah satu faktor pendukung bisnis properti apartemen di kawasan Ancol Barat adalah rencana pengembangan Newport Tanjung Priok 2 dan 3. Ini yang akan mengerek harga properti.
EditorLatief

Jakarta, KompasProperti - Nilai investasi properti bukan cuma ditentukan oleh produk properti itu sendiri, tapi juga rencana pengembangan masa depan kawasan di sekelilingnya. Hal itulah yang akan berlaku pada kawasan pengembangan pelabuhan Tanjung Priok (New Tanjung Priok) 2 dan 3. 

Rencana besar pengembangan New Tanjung Priok itu kelak akan menjadikan Tanjung Priok sebagai pelabuhan hub ekspor-impor Indonesia, menyusul keterangan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Senin (23/1/2017) lalu.

"Kita akan jadikan Tanjung Priok sebagai hub supaya produktivitas transshipment meningkat," kata Budi kepada Kompas.com.

Rencana mewujudkan pelabuhan New Tanjung Priok sebagai pelabuhan hub tidak akan menggantikan pelabuhan Kuala Tanjung yang rencananya juga bakal menjadi pelabuhan hub pula. Dengan demikian, produktivitas dalam kegiatan pengiriman barang dapat ditingkatkan.

Terkait rencana besar itulah, menurut Marketing Konsultant Grand Marina Ancol Ratdi Gunawan, mengaku optimistis pengembangan kawasan akan menjadikan investasi properti menjadi lebih bernilai tinggi.

Jakarta Utara, lanjut Ratdi, tentu akan menjadi kawasan prospekti dengan demand properti yang tinggi, terlebih properti hunian yang semakin hari sangat membutuhkan lahan dan kawasan yang nyaman dan aman dengan lokasi strategis. Akses pun makin terbuka lebar karena mudah dijangkau bagi konsumen dengan mobilitas tinggi.

"Di Ancol barat misalnya, sudah menjadi adalah kawasan mewah yang harga rumahnya sudah di angka puluhan milyar. Kenapa, karena sudah dikelilingi Hotel Aston, Mercure dan Discovery Hotel, apalagi bersebelahan dengan Taman Impian Jaya Ancol sebagai pusat rekreasi," kata Ratdi, Jumat (24/2/2017).

Tambah lagi saat ini, salah satu faktor pendukung bisnis properti apartemen di kawasan itu adalah pembangunan Newport Tanjung Priok 2 dan 3. Ini yang menurut Ratdi akan mengerek harga properti.

"Kenaikannya bisa tembus 30 persen. Kalau Newport itu sudah jadi, pasti lebih tinggi lagi naiknya," ujar Ratdi.

Untuk itulah, menurut dia, pihaknya optimistis Grand Marina Ancol akan menjadi apartemen ekskklusif yang terintegrasi dengan Best Western Hotel. Apartemen tersebut saat ini sudah dipasarkan seharga Rp 700 jutaan dengan unit yang terbatas.

Berbekal rencana pemerintah yang menjadikan pelabuhan baru Tanjung Priok itu, lanjut Ratdi, ke depan kapal-kapal tidak perlu lagi melewati Singapura sebagai hub untuk melakukan kegiatan ekspor dan impor. Dengan adanya Newport Tanjung Priok, biaya kegiatan ekspor dan impor bisa lebih murah dibandingkan ke Singapura terlebih dahulu.

"Semua bisnis akan berkembang di sekitar pelabuhan, termasuk hunian-hunian yang lebih eksklusif dan nyaman," ujar Ratdi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X