Kompas.com - 24/02/2017, 11:29 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Ketika mengevaluasi tawaran pekerjaan, ada pertimbangan lebih daripada manfaat gaji dan perawatan kesehatan.

Penelitian baru menunjukkan, bekerja di sebuah gedung bersertifikat hijau bisa meningkatkan produktivitas, kinerja, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Serangkaian studi baru, yang dipimpin oleh Universitas Harvard dan SUNY Upstate Medical University, menemukan penghuni bangunan hijau berkinerja, dan menunjukkan skor fungsi kognitif yang lebih tinggi.

Bangunan hijau juga menimbulkan gejala sakit yang lebih sedikit dan skor kualitas tidur yang lebih tinggi dari pekerja dibandingkan bangunan berkinerja tinggi tanpa sertifikasi.

"Satu hal yang harus dipikirkan karyawan adalah ruang kerja mereka," kata asisten profesor di Universitas Harvard School of Public Health, Joe Allen.

Studi menemukan, sertifikasi hijau, kondisi termal dan pencahayaan memengaruhi persepsi pekerja ruang serta fungsi kognitif karyawan.

Sebuah bangunan berkinerja tinggi adalah salah satu yang memenuhi standar dari American Society of Heating, Refrigerating dan AC Engineers, yang mempromosikan efisiensi energi dan kualitas udara dalam ruangan di gedung-gedung.

Sebuah bangunan dengan sertifikat hijau adalah salah satu yang tidak hanya berkinerja tinggi tetapi juga memenuhi standar sertifikasi Green Building Council Amerika Serikat untuk Kepemimpinan dalam Energi dan Lingkungan Desain (LEED).

Sementara bangunan hijau sendiri adalah sebuah bangunan yang menghasilkan tingkat polusi minimum.

Program sertifikasi LEED dari Green Building Council AS menunjukkan, bangunan hijau memiliki ventilasi baik dan udara bebas racun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.