Setahun Lagi, Gedung Tertinggi di Beijing Rampung

Kompas.com - 21/02/2017, 15:58 WIB
Konstruksi China Zun Tower Kohn Pedersen Fox ArchitectureKonstruksi China Zun Tower
|
EditorHilda B Alexander

BEIJING, KompasProperti - Calon gedung tertinggi di Beijing terus menunjukkan progres konstruksi positif.

Hal itu ditunjukkan dengan foto-foto yang dirilis oleh firma arsitektur Kohn Pedersen Fox Associates baru-baru ini.

Dalam foto terbarunya, gedung bernama China Zun Tower tersebut menunjukkan ciri khasnya berupa kelengkungan yang mencolok dan ditambah dengan sistem selubung bertekstur.

Ketika rampung pada 2018 nanti, China Zun Tower bakal menjulang setinggi 528 meter dan terdiri atas 108 lantai.

Dengan berstatus sebagai gedung supertall, China Zun Tower bakal menjadi bangunan paling tinggi di Ibu Kota China.

Berlokasi di pusat bisnis Beijing seluas 30 hektar, China Zun Tower akan menjadi markas utama CITIC Group dan CITIC Bank plus menjadi gedung perkantoran, klub bisnis, dan sebuah dek observasi yang memberikan panorama Beijing.

Setidaknya tiga cabang usaha CITIC akan mengokupansi lebih dari tiga per empat gedung. Sementara sebuah toko buku CITIC akan berada di lantai rubanah tingkat tujuh di dalam gedung.

Siluet khas pada bagian luar gedung yang mengecil ke dalam sebelum meledak keluar terpengaruh oleh bentuk artefak ritualistik tradisional China yang disebut zun.

Di samping adanya abnormalitas yang ditunjukkan oleh profilnya, denah bangunannya justru tampak sederhana, yakni persegi dengan sudut membulat.

Perubahan bertahap dibuat pada bagian dasar dengan lebar 78 meter kemudian menjadi 54 meter pada bagian 'pinggang' dan ditutup atau diatapi dengan mahkota dengan lebar 69 meter.

Berbagai foto konstruksi memberikan penglihatan lebih dekat ke seluk beluk struktur bangunan, termasuk dukungan sudut besar dan sistem diagonal penguat yang mengartikulasikan dasar gedung.

Sebagai tambahan, foto-foto ikon baru Beijing ini menunjukkan penempatan China Zun Tower sebagai pengganti salah satu pencakar langit paling terkenal di China, yakni CCTV Headquarters.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CTBUH
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X