Desain Orange County Bersiap Lebih Cepat "Menangkap" Kebutuhan Zaman

Kompas.com - 21/02/2017, 09:32 WIB
Lippo Cikarang. www.lippo-cikarang.comLippo Cikarang.
EditorLatief

Jakarta, KompasProperti – Fase pertama pembangunan kawasan bisnis Orange County, Cikarang, diproyeksikan menjadi pusat tujuan utama di Koridor Timur Jakarta. Sebagai penasihat desain, Kengo Kuma, menerjemahkan konsep “livable city” dalam berbagai aspek desain yang tidak hanya menciptakan ruang fisik semata di kawasan kota mandiri itu.

" Desain juga diciptakan untuk mengadaptasi perubahan gaya hidup urban ke depannya, apalagi di sini diproyeksikan makin dipenuhi masyarakat asal Jakarta sampai Bandung, termasuk penduduk di Cikarang sendiri sehingga jumlah penduduk semakin bertambah dibandingkan saat ini," ujar Direktur dan Chief of Marketing PT Lippo Cikarang Tbk Stanley Ang, pada ‘Design Forum’ yang diselenggarakan oleh Kengo Kuma bersama Universitas Pelita Harapan, Senin (20/2/2017).

Konsep ‘Walkable City’ misalnya, lanjut Stanley, akan menjadikan jalur pedestrian menjadi area khusus dan eksklusif yang memungkinkan kenyamanan berjalan kaki tanpa terganggu lalu lintas. Arsitek yang terpilih menggarap National Stadium di Jepang untuk Olimpiade Tokyo 2020 itu akan mengombinasikan pedestrian dengan beberapa pusat aktifitas, seperti stasiun kereta atau monorail.

Ada juga konsep ‘Interlink Attraction’. Desain mal ini dirancang untuk beragam variasi tren ke depan. Salah satunya bertema Japan Cool yang tidak hanya ruang retail, tapi juga pusat-pusat beraktifitas untuk budaya dan teknologi Jepang.

"Desain mal dan kawasan masa depan harus dapat mengakomodasi perubahan gaya hidup, yaitu tren perubahan ke arah digital dan online. Ini yang sudah terjadi saat ini sehingga desain harus membawa sikap baru dalam urusan bisnis dan belanja," ujar Stanley.

Stanley mengaku hal itu merujuk pada tren bisnis era digital, yaitu perusahaan rintisan dan kalangan anak-anak muda yang makin gencar mempromosikan produk dan karyanya secara digital. Untuk itu, desain harus bisa mendekati kenyamanan "segmen" ini.

Menurut dia, semua konsep itu diadaptasi dalam “Design for The Changing World” yang akan berlaku di Orange County. Kawasan ini mau tak mau harus lebih cepat siap mengikuti pertumbuhan infrastruktur baru, seperti kereta cepat, pelabuhan baru (Patimban), bandara internasional, LRT, dan Automatic People Mover (APM).

Proyek Lippo Cikarang di lahan seluas 322 hektar itu bernilai Rp 250 triliun. Enam menara apartemen di kawasan itu telah dipasarkan, dan lima diantaranya telah terjual habis. Adapun menara apartemen kelima dan keenam merupakan proyek patungan antara Lippo Group dan Mitsubishi Corporation Jepang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X