Pemerintah Siapkan Tempat untuk Tanam Serat Optik di Trans Papua

Kompas.com - 20/02/2017, 23:41 WIB
Jalan Trans Papua Arief Budi Jalan Trans Papua
|
EditorHilda B Alexander

JAYAPURA, KompasProperti - Pemerintah telah mengalokasikan tempat (space) untuk penanaman serat optik Palapa Ring Paket Timur di sepanjang Jalan Trans Papua.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto memastikan hal tersebut kepada KompasProperti, Senin (20/2/2017).

Meski tempat sudah dialokasikan, namun gorong-gorong sebagai "rumah" bagi serat-serat optik belum disiapkan.

"Untuk gorong-gorong belum. Tetapi space (untuk memasang) sudah kami siapkan," ujar Arie.

Dia menuturkan, pada prinsipnya tempat yang dialokasikan untuk penanaman serat optik tersebut akan berada di sepanjang Jalan Trans Papua.

Hanya, untuk saat ini target utama pemerintah adalah seluruh Jalan Trans Papua tembus hingga 2019 mendatang.

Dari total yang dirancang sepanjang 4.330,07 kilometer, sudah tembus 3.851,93 kilometer hingga akhir 2016.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII Osman Harianto Marbun menambahkan, pihaknya telah diminta oleh salah operator sebagai narasumber dalam rangka penanaman serat optik.

"Pertemuan akan dilaksanakan Kamis (23/2/2017). Saya akan menjelaskan rencana program pembangunan jalan yang sudah ada, dan rencana pembangunan jalan baru yang dimungkinkan untuk ditanam serat optik," beber Osman.

Penanaman serat optik Palapa Ring Paket Timur sendiri rencananya memang dikerjakan selaras dengan proyek Jalan Trans Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X