Ketika Kebanggaan dan Kegembiraan Menyatu di Perbatasan

Kompas.com - 20/02/2017, 19:03 WIB
Arisandi, prajurit TNI AD yang bertugas menjaga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Jayapura, Papua. Hilda B Alexander/Kompas.comArisandi, prajurit TNI AD yang bertugas menjaga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Jayapura, Papua.
|
EditorHilda B Alexander

JAYAPURA, KompasProperti - "Saya bangga menjaga wilayah perbatasan Republik Indonesia". 

Arisandi, salah prajurit yang menjadi garda depan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, menjawab KompasProperti, di Distrik Muara Tami, Jayapura, Minggu siang (19/2/2017).

Sandi, panggilan akrabnya, merupakan satu dari 18 prajurit TNI AD yang ditugaskan menjaga wilayah perbatasan Republik Indonesia dengan Papua New Guinea.

Rasa bangganya itu diucapkan dengan intonasi tegas, dan artikulasi jelas, sehingga bisa didengar oleh para pengunjung lainnya.

Tanpa mengubah sikap tubuh tegaknya, Sandi dengan ramah berkisah mengapa rasa bangga itu muncul.

Sebelum direhabilitasi, PLBN Skouw ini hanya berupa bangunan biasa, lebih mirip bedeng pekerja konstruksi. Kondisinya jauh dari bersih, apik, dan berwibawa sebagaimana bangunan representasi Negara berdaulat.

Namun kini, kondisi itu berubah 360 derajat. Bangunan modern berpadu ornamentasi daerah Papua dengan beragam fungsinya, siap melayani masyarakat yang hendak melintasi perbatasan negara.

"Saya sangat bangga. Lihat saja bangunan PLBN Skouw ini. Lebih megah, dan mentereng dibanding negara tetangga," tutur Sandi seraya menggerakkan kepala dan ekor matanya ke arah pos perbatasan milik Papua New Guinea.

Hilda B Alexander/Kompas.com Gapura raksasa berhiaskan ornamen kedaerahan, ciri khas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Jayapura, Papua.
Tak hanya itu, Sandi menyaksikan langsung peletakkan batu pertama pada 18 Desember 2015, dan ikut menjadi penjaga selama proses konstruksi berlangsung.

Jadi, ketika seluruh kompleks PLBN Skouw ini rampung setahun kemudian, Sandi merasa memiliki dan ikut bangga menjadi bagian dari perubahan ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X