Kompas.com - 10/02/2017, 21:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Penyaluran bantuan untuk perumahan bagi pegawai negeri sipil (PNS) dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) menunjukkan pertumbuhan setiap tahun.

Pada 2016, jumlah bantuan yang tersalurkan dari Bapertarum adalah sebanyak 10.143 PNS. Sementara tahun 2015, sebanyak 3.000 PNS. Jumlah ini masih jauh dari kebutuhan yang mencapai 960.000 PNS.

"Tahun 2017, kami targetkan bantuan untuk 12.000 PNS. Tiap tahun ada peningkatan, dibandingkan 2015 hanya 3.000-an," ujar Direktur Utama Pelaksana Settap Bappertarum-PNS Heroe Soelistiawan usai rapat internal di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Pada 2013 penyaluran hanya diberikan kepada 1.000 PNS. Dengan demikian, penyaluran bantuan pada 2015 meningkat 3 kali lipat.

Heroe menjelaskan, peningkatan penyaluran ini disebabkan antara lain karena PNS mulai mengetahui program tersebut sehingga banyak yang mengajukan bantuan. Faktor lainnya, yakni ada dukungan perbankan untuk menyalurkan manfaat Bapertarum.

"Kombinasi ini, dengan sosialisasi mulai ada dan perbankan juga membantu dalam hal penyaluran," sebut Heroe.

Ke depan, tutur dia, Bapertarum akan mendorong percepatan kepemilikan rumah bagi PNS. Salah caranya, dengan mengoordinasi lokasi, dan pengembang supaya PNS lebih nyaman dalam satu lingkungan.

Menurut Heroe, dengan tinggal di lingkungan yang sama, PNS bisa merasa betah karena saling mengenal satu sama lain.

"Tapi, kembali lagi keputusan pembelian kan ada di PNS itu sendiri," tuntas Heroe.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.