Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Bapertarum Targetkan Penyaluran Bantuan 12.000 PNS

Kompas.com - 10/02/2017, 21:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Penyaluran bantuan untuk perumahan bagi pegawai negeri sipil (PNS) dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) menunjukkan pertumbuhan setiap tahun.

Pada 2016, jumlah bantuan yang tersalurkan dari Bapertarum adalah sebanyak 10.143 PNS. Sementara tahun 2015, sebanyak 3.000 PNS. Jumlah ini masih jauh dari kebutuhan yang mencapai 960.000 PNS.

"Tahun 2017, kami targetkan bantuan untuk 12.000 PNS. Tiap tahun ada peningkatan, dibandingkan 2015 hanya 3.000-an," ujar Direktur Utama Pelaksana Settap Bappertarum-PNS Heroe Soelistiawan usai rapat internal di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Pada 2013 penyaluran hanya diberikan kepada 1.000 PNS. Dengan demikian, penyaluran bantuan pada 2015 meningkat 3 kali lipat.

Heroe menjelaskan, peningkatan penyaluran ini disebabkan antara lain karena PNS mulai mengetahui program tersebut sehingga banyak yang mengajukan bantuan. Faktor lainnya, yakni ada dukungan perbankan untuk menyalurkan manfaat Bapertarum.

"Kombinasi ini, dengan sosialisasi mulai ada dan perbankan juga membantu dalam hal penyaluran," sebut Heroe.

Ke depan, tutur dia, Bapertarum akan mendorong percepatan kepemilikan rumah bagi PNS. Salah caranya, dengan mengoordinasi lokasi, dan pengembang supaya PNS lebih nyaman dalam satu lingkungan.

Menurut Heroe, dengan tinggal di lingkungan yang sama, PNS bisa merasa betah karena saling mengenal satu sama lain.

"Tapi, kembali lagi keputusan pembelian kan ada di PNS itu sendiri," tuntas Heroe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com