Jalan Trans Papua, Menembus Gunung dan Membelah Bukit

Kompas.com - 10/02/2017, 11:11 WIB
Jalan Trans Papua Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRJalan Trans Papua
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pemerintah memastikan sektor infrastruktur konektivitas di Indonesia bagian timur terutama Papua menjadi prioritas.

Hal itu dibuktikan dengan proporsi anggaran lebih besar yang diberikan pada 2017 ini.

"Saya nggak hafal berapa angka pastinya. Tetapi sekarang proporsinya khusus ke-bina marga-an antara Indonesia Barat dan Timur, kebanyakan di Indonesia Timur, yakni 60 persen berbanding 40 persen," tutur Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto, di Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Trans Papua

Untuk tahun ini, khusus di Papua, Ditjen Bina Marga mengalokasikan dana lebih dari Rp 2 triliun, dan porsinya akan terus seperti itu hingga 2019 mendatang.

Sebagaimana diketahui, anggaran yang diterima Ditjen Bina Marga pada tahun ini senilai Rp 41,393 triliun atau 40,78 persen dari total APBN 2017 Kementerian PUPR.

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Trans Papua

Salah pembangunan konektivitas masif di Papua adalah Jalan Trans Papua yang ditargetkan bisa rampung dan tersambung seluruhnya pada periode 2018-2019 mendatang.

Jalan Trans Papua ini dirancang sepanjang 4.330,07 kilometer. Hingga akhir tahun 2016, sudah tembus 3.851,93 kilometer.

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Trans Papua

Jalan ini membentang, dan menghubungkan berbagai wilayah di Papua, yakni dari Kwatisore-Nabire-Wagete-Enarotali-Ilaga-Mulia-Usilimo-Wamena-Elelil-Jayapura-Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu.

Kemudian juga melewati wilayah Kenyam-Dekai-Oksibil-Waropko-Tanah Merah-Merauke-Wagete-Timika.

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Trans Papua

Meski dalam pembangunannya melewati medan yang sulit lantaran harus menembus gunung dan membelah bukit, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan Jalan Trans Papua bisa tembus lebih panjang pada tahun ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X