Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2016, Penjualan Apartemen Seret

Kompas.com - 09/02/2017, 14:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Lembaga riset Cushman and Wakefield Indonesia merilis "Marketbeat Condominium Snapshot Q4 2016" yang menggambarkan kondisi pasokan dan permintaan apartemen selama Oktober-November 2016.

Dalam riset tersebut, Cushman melihat adanya dampak dari kebijakan amnesti pajak yang mendorong penjualan proyek yang rampung dibangun.

Penjualan ini meningkat 4,1 persen, dibandingkan dengan kenaikan 3,4 persen pada kuartal III-2016. Meski demikian, kenaikan tersebut masih lebih rendah dari tahun 2015 sebesar 6 persen.

"Perubahannya memang belum signifikan terhadap tingkat penjualan, yang tercatat sebesar 97,2 persen dibandingkan dengan kuartal terakhir 2015 sebesar 97,6 persen," tulis hasil riset tersebut.

Hal tersebut disebabkan jumlah pasokan baru lebih tinggi dari unit yang terjual.

Tingkat hunian pun tercatat turun 1,5 persen dari kuartal sebelumnya. Pada waktu yang sama, pra-penjualan dari rencana pengembangan apartemen juga tidak menunjukkan perbaikan.

Bahkan, jumlahnya turun 1,4 persen dari kuartal terakhir atau 2,0 persen dari tahun lalu. Hasilnya sebanyak 78.570 unit belum terserap pasar.

Masih dalam riset tersebut, proyek-proyek yang baru selesai kebanyakan adalah menengah ke bawah.

Sebanyak 6 proyek menengah ke bawah tercatat sebagai proyek yang baru selesai, antara lain d'Green Prramuka Residence, Lagoon Resort Apartement, Elvis Tower, Dramaga Tower, Kota Ayodhya, dan Azalea Suites.

Masing-masing menyumbang 1.061 unit, 554 unit, 256 unit, 465 unit, 2.418 unit, dan 672 unit.

Selain itu, proyek lain yang baru terselesaikan adalah The Residence Ciputra World 2 dengan 114 unit untuk kelas atas, Paragon Square 1.025 unit untuk kelas menengah, dan SOHO @Podomoro City 600 unit untuk menengah ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com