Kompas.com - 06/02/2017, 17:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Bisnis properti dan sepak bola semakin terkait erat setelah beberapa taipan sektor ini menanamkan fulusnya di industri olahraga termasyhur sejagat tersebut.

Dua pengusaha asal China dengan bisnis inti properti, yakni Zhang Jindong dan Wang Jianlin sama-sama mengucurkan uangnya ke dua klub sepak bola besar dunia.

Zhang merupakan pemilik Suning Commerce Group yang merupakan perusahaan ritel terbesar di China dengan pendapatan tertinggi tahun 2015 mencapai 24 miliar dollar Amerika Serikat (AS) dan telah memiliki 1.577 gerai ritel di seantero Negeri Tirai Bambu.

Pada Juni 2016, Zhang melalui Suning mengakuisisi 70 persen saham klub sepak bola asal Italia Inter Milan dengan mahar 300 juta dollar AS atau senilai Rp 3,99 triliun dan sekaligus menjadikannya sebagai pemilik saham mayoritas klub tersebut.

Usaha ritel milik Suning pun mulai merambah dunia daring setelah pada Agustus 2016 Alibaba Group membeli 20 persen saham Suning senilai 4,6 miliar dollar AS dan menjadikannya sebagai akuisisi e-commerce terbesar.

Associated Press Wang Jianlin, CEO kelompok bisnis Wanda Group, merupakan orang terkaya di China

Di sisi lain, orang terkaya China dengan total aset mencapai 31,7 miliar dollar AS, yakni Wang Jianlin melalui kerajaan propertinya Dalian Wanda Group telah membeli 20 saham klub sepak bola Spanyol Atletico Madrid.

Tak tanggung-tanggung, nilainya mencapai 48 juta dollar AS atau setara dengan Rp 639,43 miliar pada April 2015 silam.

Atas kesepakatan dengan Atletico Madrid tersebut, stadion baru klub berjuluk Los Rojiblancos tersebut akan bernama Wanda Metropolitano.

"Sebuah kehormatan bagi saya untuk mengumumkan kesepakatan bersama dengan Wanda Group untuk nama stadion baru kami," kata Presiden Atletico Madrid Enrique Cerezo.

Wang yakin dengan akuisisi saham tersebut mampu membantu pengembangan dan pertumbuhan Wanda Sports di Spanyol dan Eropa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.