Kompas.com - 01/02/2017, 13:49 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Aplikasi informasi transportasi TRAFI telah sah menjadi mitra resmi Jakarta Smart City dan Transjakarta.

Hal itu dilakukan guna mengakomodasi semakin banyaknya warga Jakarta yang beralih menggunakan transportasi publik seiring dengan perkembangan teknologi.

Kerja sama TRAFI dengan dua lembaga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tersebut sejatinya sudah dimulai setahun lalu sehingga pengumuman ini membuat kerja sama itu masuk ke tingkat yang lebih strategis lagi.

"Kami merasa terhormat telah ditunjuk sebagai mitra bagi Jakarta Smart City dan aplikasi pendukung untuk Transjakarta," kata Country Manager TRAFI Indonesia Dimas Dwilasetio, di Balai Kota Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Bersama dengan Jakarta Smart City, TRAFI akan berkolaborasi dalam hal data sharing untuk menganalisis pola penggunaan transportasi umum guna pengembangan kebijakan dan perencanaan Jakarta lebih lanjut.

"Hadirnya TRAFI diharapkan dapat mewujudkan konsep Smart Mobility yang menjadi salah satu dari 6 pilar Jakarta Smart City, di mana warga dapat dengan mudah mengakses transportasi publik khususnya Transjakarta," imbuh Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City Setiaji.

Sedangkan bersama Transjakarta, TRAFI akan bekerja sama dalam pengembangan sistem teknologi dan operasional.

Selain itu, juga pengembangan jadwal informasi penumpang di halte Transjakarta yang menampilkan estimasi keberangkatan bus Transjakarta secara real time.

TRAFI yang diklaim sebagai aplikasi pemberi informasi transportasi publik paling akurat di dunia saat ini sudah ada di 9 negara dan 35 kota di seluruh dunia.

Selain memberikan informasi untuk TransJakarta dan KRL, TRAFI saat ini telah memperluas cakupannya ke lebih dari 500 rute angkot, shuttle bandara, metromini dan bus-bus besar.

TRAFI juga secara teratur memperbarui informasi transportasi umum dan baru-baru ini menambah beberapa operator jaringan bus di Jabodetabek dan bahkan hingga ke ojek serta taksi daring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.