Dibuat Portabel, Panel Surya Bisa Dibawa ke Mana-mana

Kompas.com - 29/01/2017, 22:04 WIB
SolPad SolPadSolPad
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Pemakaian panel surya mulai populer. Di tengah kenaikan harga listrik, panel surya merupakan salah alternatif terbaik dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber tenaga.

Jenis-jenis panel surya juga kian berkembang. Di antaranya adalah SolPad yang mengintegrasikan panel surya, baterai, inverter bahkan pengendali daya dalam unit portabel tunggal.

"SolPad Mobile adalah solusi daya portabel yang mudah terintegrasi ke dalam lingkungan rumah atau di tempat lain," sebut Solpad pada laman situsnya.

Perusahaan mengklaim produk SolPad merupakan panel surya pertama dan satu-satunya yang terintegrasi di dunia.

Produk ini akan menandai lompatan kuantum sektor energi masing-masing personal karena mereka menggabungkan generator listrik tenaga surya dengan sistem manajemen, pengendali daya, inverter, dan baterai dalam satu unit lengkap.

Panel ini juga dapat dirantai bersama-sama untuk kebutuhan daya yang lebih besar.

Versi rumahan, yang tidak akan lagi tersedia dalam waktu dekat, digunakan sebagai bagian dari atap surya dan solusi penyimpanan energi berkapasitas 330W dan baterai 500Wh.

Sedangkan versi mobile yang akan datang lebih cocok diletakkan di halaman belakang, teras, balkon, hingga kondisi yang tidak memungkinkan sekalipun.

The SolPad Mobile terdiri dari 72W panel surya dan baterai 600Wh, ditambah inverter dan sistem kontrol, termasuk juga hotspot WiFi, lampu LED, dan antarmuka pengguna yang dapat berbicara.

Produk ini akan tersedia untuk pra-pemesanan dengan harga 1.395 dollar AS (Rp 18,6 juta). Unit ini berukuran 28 inci X 21 inci X 1,8 inci dan berat 11 kilogram.

Setiap unitnya memiliki kapasitas maksimal 2000W dan 1000W untuk digunakan terus-menerus.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Treehugger
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X