Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vostok Tower Resmi Jadi Gedung Terjangkung di Eropa

Kompas.com - 11/01/2017, 23:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - The Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) menahbiskan 2016 sebagai tahun dengan penyelesaian gedung tertinggi sepanjang sejarah dengan catatan 30.301 meter dari 128 gedung.

Selain itu, 2016 juga menjadi tahun ketiga secara berturut-turut rekor gedung tertinggi di dunia berhasil terpecahkan.

Sebanyak 128 gedung yang selesai dibangun pada 2016 silam mengalahkan pencapaiaan tahun-tahun sebelumnya, termasuk 114 gedung pada 2015.

Di Benua Eropa, meskipun pada 2015 mengalami penmbahan signifikan gedung-gedung tinggi baru, tetapi 2016 menjadi tahun dengan penyelesaian gedung paling sedikit setelah terakhir terjadi pada 2009.

Pada 2016, Eropa hanya mampu menyelesaikan dua gedung. Kendati demikian, perlu dicatat salah satu gedung yang selesai dibangun menjadi terjangkung di Eropa.

Gedung itu adalah Vostok Tower, menjulang 374 meter di Moskwa, Rusia. Ini merupakan komponen tertinggi dari kompleks Federation Tower yang dibangun selama 11 tahun sejak konstruksi pertamanya pada 2005 dimulai.

Gedung tersebut menggeser status tertinggi milik OKO Residential Tower yang selesai dibangun pada 2015 dan berada hanya beberapa blok dari Vostok Tower di distrik Kota Moskwa.

Selain Vostok Tower, ada juga Warsaw Spire setinggi 220 meter yang menjadi representasi gedung tertinggi di antara beberapa proyek gedung lainnya yang ada di Ibu Kota Polandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com