Kompas.com - 08/01/2017, 22:30 WIB
Ruas tol Batang-Semarang. Gambar diambil Sabtu, (7/1/2017). Ruas tol Batang-Semarang. Gambar diambil Sabtu, (7/1/2017).
|
EditorHilda B Alexander

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski belum selesai pembangunannya, tiga ruas jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang bisa difungsionalkan atau dilalui pemudik pada Lebaran 2017, tepatnya Juni mendatang.

Ketiga ruas jalan tol yang masuk dalam jaringan Tol Trans Jawa tersebut yakni tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Sumber Mitra Jaya sepakat untuk menjaga ritme pekerjaan agar bisa selesai tepat waktu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap, ketiga tol tersebut dapat mengurangi kemacetan arus mudik lebaran tahun ini.

"Kunjungan kali ini tujuannya untuk meyakinkan mudik 2017 akan bisa tembus tidak hanya sampai ke Pemalang tapi akan bisa sampai ke Ngaliyan, Semarang," ujar Basuki usai melakukan kunjungan ke ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, Sabtu (7/1/2017).

Walaupun dikatakan fungsional, tutur Basuki, namun jalan tersebut sudah dilapisi beton. Secara keseluruhan, berdasarkan aspek prasarana, mudik tahun ini diklaim bisa lebih baik dari tahun lalu.

Dengan fungsionalnya Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Semarang, alternatif untuk rekayasa lalu lintas semakin banyak.

"Kalau nanti di Ngaliyan itu berfungsi arus dapat terpecah di Brebes, untuk langsung menuju Purwokerto," sebut Basuki.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini progres konstruksi pembangunan ruas Jalan Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 sudah mencapai 57,25 persen dan pembebasan lahannya 98 persen.

Jalan tersebut ditargetkan rampung keseluruhan pada Desember 2017, namun diharapkan secara fungsional dapat dilalui pada arus mudik tahun ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.