Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Kebakaran dan Tangga Roboh Perketat Keamanan Bangunan Gedung

Kompas.com - 06/01/2017, 23:59 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa musibah yang dialami pengembang properti Indonesia pada 2016 dan awal 2017, memengaruhi tingkat kepercayaan konsumen.

Sepanjang 2016 silam, tercatat insiden kebakaran terjadi di tiga apartemen di Jakarta, yakni Apartemen Parama di Cilandak, Apartemen Casa Domaine di Jakarta Pusat, dan SOHO @ Podomoro City di Jakarta Barat.

Teranyar, pada Rabu (4/1/2017) pagi, tangga darurat Apartemen Emerald Tower di Grand Kamala Lagoon, Kalimalang, Bekasi, roboh dan menelan korban meninggal dan luka-luka.

Meski diakui berdampak pada tingkat kepercayaan konsumen, namun tidak terlalu signifikan membuat tingkat penjualan turun atau terjadinya pembatalan pembelian.

"Dampak psikologis pasti ada, tapi pengaruhnya tidak signifikan sampai tidak mau beli karena itu sebenarnya musibah dan masyarakat bisa mengerti," kata Associate Director Residential Sales & Leasing Colliers International Indonesia Aleviery Akbar, di Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Justru, lanjut Akbar, beberapa musibah yang terjadi tersebut membuat inspeksi terkait keamanan bangunan gedung-gedung apartemen semakin diperketat.

Misalnya inspeksi terhadap sprinkler, area kosong di dalam apartemen untuk titik penjemputan menggunakan helikopter ketika kebakaran, dan juga keberadaan hidran di dalam gedung.

"Mau tidak mau dengan banyaknya kejadian itu pemerintah daerah bakal ketat mengeluarkan sertifikat layak fungsi (SLF) sebuah gedung. Karena itulah, banyak apartemen yang telat operasinya karena SLF belum keluar," pungkas Akbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com