Tangga Darurat Roboh, Dirut GKL Belum Bisa Memberi Keterangan Rinci

Kompas.com - 04/01/2017, 15:00 WIB
Seorang pekerja tertimbun reruntuhan konstruksi apartemen Grand Kemala Lagoon di Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. APartemen ini dibangun oleh pengembang Badan Usaha Milik Negara PT PPRO Tbk sejak 2013. Dokumentasi Kompas TVSeorang pekerja tertimbun reruntuhan konstruksi apartemen Grand Kemala Lagoon di Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. APartemen ini dibangun oleh pengembang Badan Usaha Milik Negara PT PPRO Tbk sejak 2013.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Tangga darurat apartemen Grand Kamala Lagoon (GKL) di Bekasi runtuh dari lantai 32. Belum diketahui apa penyebab runtuhnya tangga tersebut.

Saat ini, PT PP Properti (Persero) Tbk (PPRO) selaku pengembang apartemen tersebut belum bisa memberikan keterangan rinci.

"Sebentar, saya masih terus monitor penanganannya," ujar Direktur Utama PPRO Taufik Hidayat kepada Kompas.com, Rabu (4/1/2017).

Sebelumnya, insiden runtuhnya tangga darurat dari lantai 32 hingga ke ruang bawah tanah (basement) itu mengakibatkan dua korban dari kalangan pekerja atas nama Pajar Sidik dan Omen.

Kepolisian Sektor Bekasi Selatan Kota Bekasi, Jawa Barat, mengungkapkan kronologi kejadian runtuhnya tangga darurat setinggi 32 lantai di Apartemen Grand Kamala Lagoon yang tengah dikerjakan.

"Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 01.20 WIB ketika seorang pekerja, Pajar Sidik, sedang memasang tangga darurat berbahan beton pra-cetak (precast) di lantai 32-33," kata Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Bayu Pratama.

Saat itu, Pajar dibantu oleh rekannya bernama Barja (45), operator crane, untuk mengangkat tangga precast.

Baca: Kronologi Robohnya Tangga Darurat Grand Kamala Lagoon

Saat hendak melepas tackle atau hoist (alat pengangkat material), tiba-tiba beton precast atau pijakan yang menjadi tumpuan korban patah.

Baca: Tangga Darurat Grand Kamala Lagoon Roboh Diduga Tumpuannya Tak Pas

Patahan beton baja itu menimpa tangga lainnya di bagian bawah hingga membuat Pajar bersama tangga pijakannya kemudian jatuh terjun hingga ke lantai basement.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X