Ini Rencana Pembangunan Konektivitas Tahun 2017

Kompas.com - 04/01/2017, 11:02 WIB
Perkembangan pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung Kamis (13/10/2016). Dokumentasi Pusat Komunikasi Kementerian PUPRPerkembangan pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung Kamis (13/10/2016).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membagi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dari APBN 2017 ke dalam beberapa sektor.

Dari anggaran yang telah disepakati bersama dengan Komisi V DPR RI, Kementerian PUPR mendapat 4,88 persen dari total belanja negara yakni sebanyak Rp 101,496 triliun untuk anggaran selama 2017 ini.

Pada 2017, terdapat empat bidang prioritas yang akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, yakni bidang konektivitas, ketahanan air atau pangan, perumahan, dan permukiman.

Untuk bidang konektivitas, Kementerian PUPR mengamanatkan sekitar 40,78 persen atau senilai Rp 41,393 triliun kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga.

Adapun beberapa program konektivitas yang akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR sepanjang 2017 ini adalah pembangunan jalan baru sepanjang 828 kilometer dan pembangunan jalan tol sepanjang 138 kilometer.

"Pembangunan tol trans Jawa dan trans Sumatera sebagai komitmen pemerintah, pembangunan jalan trans Papua yang saat ini tinggal 176,1 kilometer dan kemudian pembangunan jalan di perbatasan Kalimantan, NTT dan Papua akan kita teruskan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, beberapa waktu lalu.

Pembangunan jalan perbatasan, lanjut Basuki akan menjadi program prioritas dalam hal konektivitas.

Selain jalan, Kementerian PUPR juga akan membangun jembatan sepanjang 11.855 meter, termasuk bentang panjang Jembatan Teluk Kendari, Jembatan Holtekamp, dan Jembatan Pulau Balang.

Kemudian juga akan melakukan peningkatan jalan sepanjang 807 kilometer dan peningkatan jembatan sepanjang 566 kilometer.

"Untuk pembangunan jalan tol di tahun 2017 sepanjang 23 kilometer di antaranya Tol Medan-Kualanamu, Tol Akses Tanjung Priok, Tol Cisumdawu, Tol Solo-Kertosono, Tol Balikpapan-Samarinda, dan Tol Manado-Bitung," ungkap Basuki.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X