Rancangan Arsitektur "Berlubang" Paling Unik di Dunia (II)

Kompas.com - 29/12/2016, 16:31 WIB
Pencakar langit yang dikenal dengan Gate of the Orient ini terletak di Kota Suzhou. Berdiri setinggi 300 meter, pencakar langit ini diharapkan bisa mengangkat nama kota itu. www.dailymail.co.ukPencakar langit yang dikenal dengan Gate of the Orient ini terletak di Kota Suzhou. Berdiri setinggi 300 meter, pencakar langit ini diharapkan bisa mengangkat nama kota itu.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Para arsitek tahu betul bahwa sebuah lubang tak selamanya identik dengan kekosongan.

Sebuah ruang kosong pada struktur bangunan bisa menciptakan jalan masuk cahaya, memberikan pengalaman berbeda bagi yang berada di dalam, dan memengaruhi kecocokan bangunan dengan lingkungan sekitarnya.

Dari bangunan serupa es batu raksasa hingga berbentuk seperti koin telah membuat para arsitek tertarik merancang bangunan-bangun dengan struktur kosong beberapa bagiannya.

Berikut ini tulisan kedua arsitektur berlubang paling unik di duni. Bagian pertama bisa diklik di sini.

5. CCTV Tower (Beijing, China)

Bangunan yang menjadi markas CCTV ini dirancang oleh Rem Koolhas. Dia merancang bangunan ini dengan memaksimalkan interlocking antara struktur vertikal dan horizontal.

Gedung setinggi 44 lantai ini memiliki lubang di pusatnya dan kerap disebut-sebut "celana pendek bokser berukuran besar."

Pada 2013, Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) menjadi CCTV Tower sebagai Bangunan Tinggi Terbaik di dunia.

worldpropertychannel.com Kantor pusat CCTV di Beijing, China, terpilih sebagai bangunan tinggi terbaik di dunia.

6. The Mirador (Madrid, Spanyol)

Firma arsitektural MVRDV tidak akan kehabisan dana sebelum menyelesaikan kompleks apartemen The Mirador di Madrid, Spanyol.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X