Rancangan Arsitektur "Berlubang" Paling Unik di Dunia (I)

Kompas.com - 29/12/2016, 15:06 WIB
Technology, Entertainment & Knowledge Center Bjarke IngelsTechnology, Entertainment & Knowledge Center
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Para arsitek tahu betul bahwa sebuah lubang tak selamanya identik dengan kekosongan.

Sebuah ruang kosong pada struktur bangunan bisa menciptakan jalan masuk cahaya, memberikan pengalaman berbeda bagi yang berada di dalam, dan memengaruhi kecocokan bangunan dengan lingkungan sekitarnya.

Dari bangunan serupa es batu raksasa hingga berbentuk seperti koin telah membuat para arsitek tertarik merancang bangunan-bangun dengan struktur kosong di beberapa bagiannya.

Berikut ini 11 bangunan dengan sebagian struktur kosong yang melengkapinya.

1. Axel Springer HQ (Berlin, Jerman)

Para arsitek di Buro Ole Scheeren mengajukan rancangan ini untuk markas baru Axel Springer yang merupakan firma mulitimedia terbesar di Eropa.

Ruang terbuka piksel menunjukkan komitmen mereka kepada klien terhadap transparansi.

Di bagian inti gedung ini terdapat celah kosong skala perkotaan yang menggambarkan sebuah sumbu visual antara Barat dan Timur serta memiliki konsep menyatukan dua sisi yang ada.

"Selain itu gedung ini juga sebagai simbol transparansi dan kesadaran historis," tulis para arsitek dalam deskripsi proyeknya.

Buro Ole Scheeren Axel Springer HQ

2. Poro City (Mumbai, India)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X