Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Brebes Exit" Jadi Catatan Transportasi Paling Menonjol Sepanjang 2016

Kompas.com - 23/12/2016, 09:25 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mencatat adanya sejumlah kejadian penting terkait transportasi sepanjang 2016.

Salah satunya adalah pergantian Menteri Perhubungan dari yang sebelumnya dijabat oleh Ignasius Jonan ke Budi Karya Sumadi.

Namun, sebelum pergantian jabatan tersebut, ada satu kejadian paling menonjol dan menjadi pemberitaan nasional, yaitu kemacetan panjang di Brebes Exit yang kemudian disebut "Brexit".

"Sepanjang 2016, paling menonjol adalah Brexit. Mudah-mudahan tahun depan tidak terulang hal yang sama," ujar Presidium MTI Soegeng Poernomo saat diskusi Transportation Outlook 2017, di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Ia mengatakan, kejadian ini tidak lepas dari lemahnya antisipasi institusi, baik itu kepolisian, kementerian, dan pemerintah daerah.

Menurut Soegeng, bisa saja masing-masing institusi sudah menyiapkan skenario terburuk, tetapi tidak ada koordinasi.

"Itu menunjukkan tidak hanya di tubuh pemerintah pusat yang koordinasinya lemah, tapi daerah juga lemah. Ini catatan penting untuk transportasi darat," kata Soegeng.

Ia berharap, pada libur Natal dan Tahun Baru 2017, para institusi terkait sudah dapat mengantisipasi dan berkoordinasi untuk menghindari kejadian yang sama.

Kristianto Purnomo/Kompas.com Ruas Pejagan-Brebes Timur dipadati kendaraan pemudik hingga 23 kilometer pada Sabtu malam (2/7/2016).
Institusi terkait antara lain, Korps Lantas Polri, Jasa Marga, Kementerian Perhubungan, Jasa Raharja, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Meski Natal ini tidak sama ukurannya dengan Lebaran. Saya bilang ini sebagai uji coba untuk Lebaran tahun depan," kata Soegeng.

Sebelumnya, pada Juli silam, kendaraan pemudik menumpuk di Jalan Pejagan-Pemalang ruas Pejagan-Brebes Timur yang baru diresmikan pemerintah.

Sejumlah pengemudi kendaraan yang kebanyakan berasal dari Jakarta dan Jawa Barat menuju Jawa Tengah, Yogyakarta, sampai Jawa Timur mengaku telah mengantre sampai 7 jam di Brebes.

Kompas Video Antrean Kendaraan Sepanjang 18 KM di Tol Pejagan - Brebes

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+