Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maksimalkan Layanan Publik, Pemkab Sleman Kembangkan "Smart Regency"

Kompas.com - 15/12/2016, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber ANTARA

SLEMAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai mengembangkan "Sleman Smart Regency".

Ini merupakan konsep kabupaten cerdas dalam pengembangan dan pengelolaan berbagai sumber daya secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

"'Sleman Smart Regency' dirancang untuk memaksimalkan pelayanan publik serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan," kata Bupati Sleman Sri Purnomo pada Focus Group Discussion (FGD) Laporan Akhir Penyusunan Rencana Induk dan Blue Print E-Government Kabupaten Sleman, Kamis (15/12/2016).

Tujuan "Sleman Smart Regency" ini untuk terwujudnya sistem pelayanan melalui respon dan efektivitas tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Menurut Sri Purnomo, penyusunan cetak biru e-government adalah salah satu inisiasi dalam menyusun landasan berpikir bagi pengembangan aplikasi pemerintahan daring yang komprehensif, efektif dan efisien.

"Dari pengembangan konsep ini, masyarakat akan mengetahui langkah-langkah yang bakal langsung dilaksanakan pada awal 2017 dan seterusnya sebagai implementasi agenda Pemkab Sleman," tutur dia.

Implementasi aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang masih dijalankan secara otonom di masing-masing unit kerja, perlu disinergikan sehingga memudahkan untuk evaluasi.

Untuk itu dibutuhkan integrasi antar-sistem IT yang ada di pemerintahan sehingga dapat digunakan dan disesuaikan dengan sistem dan data yang ada.

"Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan komitmen semua pihak dan melepaskan ego sektoral," katanya.

Ia mengharapkan adanya dokumen cetak biru dapat menjadi pedoman dalam membangun "Sleman Smart Regency" tidak hanya saat ini, namun juga dalam periode jangka panjang ke depan.

"Dengan blue print ini diharapkan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) mendapat panduan yang konsisten. Jika diperlukan modifikasi kebijakan tetap mengacu pada blue print yang sudah dibangun sebelumnya," papar Sri Purnomo.

Sebelumnya, Pemkab Sleman telah meluncurkan program "Lapor Sleman" terkait dengan keuangan dan bidang pembangunan.

"Teknologi informasi memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan informasi di Kabupaten Sleman," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com