Maksimalkan Layanan Publik, Pemkab Sleman Kembangkan "Smart Regency"

Kompas.com - 15/12/2016, 19:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SLEMAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai mengembangkan "Sleman Smart Regency".

Ini merupakan konsep kabupaten cerdas dalam pengembangan dan pengelolaan berbagai sumber daya secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

"'Sleman Smart Regency' dirancang untuk memaksimalkan pelayanan publik serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan," kata Bupati Sleman Sri Purnomo pada Focus Group Discussion (FGD) Laporan Akhir Penyusunan Rencana Induk dan Blue Print E-Government Kabupaten Sleman, Kamis (15/12/2016).

Tujuan "Sleman Smart Regency" ini untuk terwujudnya sistem pelayanan melalui respon dan efektivitas tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Menurut Sri Purnomo, penyusunan cetak biru e-government adalah salah satu inisiasi dalam menyusun landasan berpikir bagi pengembangan aplikasi pemerintahan daring yang komprehensif, efektif dan efisien.

"Dari pengembangan konsep ini, masyarakat akan mengetahui langkah-langkah yang bakal langsung dilaksanakan pada awal 2017 dan seterusnya sebagai implementasi agenda Pemkab Sleman," tutur dia.

Implementasi aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang masih dijalankan secara otonom di masing-masing unit kerja, perlu disinergikan sehingga memudahkan untuk evaluasi.

Untuk itu dibutuhkan integrasi antar-sistem IT yang ada di pemerintahan sehingga dapat digunakan dan disesuaikan dengan sistem dan data yang ada.

"Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan komitmen semua pihak dan melepaskan ego sektoral," katanya.

Ia mengharapkan adanya dokumen cetak biru dapat menjadi pedoman dalam membangun "Sleman Smart Regency" tidak hanya saat ini, namun juga dalam periode jangka panjang ke depan.

"Dengan blue print ini diharapkan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) mendapat panduan yang konsisten. Jika diperlukan modifikasi kebijakan tetap mengacu pada blue print yang sudah dibangun sebelumnya," papar Sri Purnomo.

Sebelumnya, Pemkab Sleman telah meluncurkan program "Lapor Sleman" terkait dengan keuangan dan bidang pembangunan.

"Teknologi informasi memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan informasi di Kabupaten Sleman," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.