Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bangunan Terbakar dan Roboh yang Menyita Perhatian Sepanjang 2016

Kompas.com - 12/12/2016, 10:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2016, terdapat sejumlah kegagalan bangunan atau struktur yang terjadi di Indonesia.

Hal ini membuktikan kurangnya pengawasan terhadap keamanan dan keselamatan bangunan gedung di tengah keinginan pemerintah yang sedang giat membangun.

Berikut ulasannya.

1. Hotel roboh di Cianjur

Bangunan Hotel Club Bali di Kota Bunga, Desa Batu Lawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, roboh akibat diterjang tanah longsor, Rabu (9/3/2016).

Insiden ini terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. Longsoran tanah yang menimpa bangunan membuat fondasi lantai pertama amblas.

Kepala Seksi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Barat Harsono mengatakan, longsoran tanah disebabkan hujan deras yang mengguyur kawasan Cipanas sejak beberapa hari. Tingginya curah hujan membuat kondisi tanah menjadi labil.

"Hujan yang mengguyur berturut-turut gede. Jadinya perembesan ke tanah dan lokasi hotel dekat tebing," kata Harsono.

Menurut Pengamat Perkotaan Universitas Trisakti Yayat Supriyatna, akibat pembangunan ini ada kemungkinan wilayah resapan air hilang di bagian atas lereng.

"Perlu dicek (bagian lereng) atasnya, karena hotel itu punya penampungan air. Pertanyaannya, air itu dari mana sumbernya?" ujar Yayat, Kamis (10/3/2016).

Ia menambahkan, jika benar ada bak penampungan, berarti di bagian atas lereng, ada wilayah resapan. Kalau air tidak tertampung di wilayah resapan ini, maka bisa membuat kontur tanah berubah.

Di satu sisi, Yayat meyakini pihak hotel membangun bak penampungan air dan menggunakan mata air di lereng gunung. Ia melihat di daerah ini sulit untuk membuat sumur.

Untuk memasok air ke dalam hotel, hanya ada dua kemungkinan yaitu menggunakan air tanah dalam seperti sumur atau menggunakan mata air yang ada di sekitarnya.

2. Gedung Panin roboh di Bintaro

Salah satu bagian dari gedung Panin Bank di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, roboh pada Kamis (2/6/2016) siang.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com