Masa Depan Surabaya Ada di Daerah Barat

Kompas.com - 12/12/2016, 07:00 WIB
Studio Rancang Ruang Perkantoran Spazio, Surabaya.

SURABAYA, KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, Surabaya Barat makin memperlihatkan diri sebagai kawasan penting yang mengubah wajah kota Surabaya keseluruhan.

Menyusul aksi progresif PT Intiland Development Tbk dalam mengembangkan sabuk bisnis, dan komersial bertajuk Graha Festival sepanjang 1,8 kilometer. 

Menurut COO dan Vice President Director PT Intiland Development Tbk Sinarto Dharmawan, Surabaya Barat punya potensi menjadi kawasan bisnis atau central business district (CBD) Baru Kota Surabaya. 

Baca: Intiland Ajak Investor, Kembangkan Graha Festival

"Hanya, bedanya di pusat kota banyak berkantor perusahaan nasional, dan internasional. Sementara di Surabaya Barat diisi oleh perusahaan lokal yang sebelumnya berkantor di ruko-ruko. Namun begitu, jumlahnya sangat banyak dan belum digarap maksimal," papar Sinarto, Kamis (9/12/2016).

Graha Festival seluas 10 hektar, lanjut Sinarto, akan berisi sejumlah properti multifungsi atau mixed use yang terdiri dari beragam jenis dan fungsi.

Mulai dari perkantoran, hunian vertikal atau apartemen, hotel, ruang ritel, fasilitas pendidikan, dan fasilitas olahraga, restoran, kafe, dan lain-lain.

Properti multifungsi merupakan konsep pengembangan masa depan yang mendayagunakan lahan lebih maksimal serta memungkinkan terjadinya ribuan kegiatan dalam satu kawasan. 

"Ini adalah jawaban masalah kepadatan, dan kelangkaan ruang terbuka hijau (RTH) di pusat kota. Pengembangan mixed use ini lebih baik ketimbang stand alone," imbuh Sinarto.

Nantinya, masing-masing properti multifungsi di Graha Festival terkoneksi oleh selasar atau koridor yang dirancang senyaman mungkin bagi pejalan kaki.

Selain itu, terdapat taman sebagai area publik yang ditumbuhi pepohonan di setiap satu pengembangan mixed use, serta jalur pedestriannya dibuat lebar dan nyaman.

Saat ini, sudah beroperasi perkantoran Spazio I yang dilengkapi ruang ritel berisi restoran, kafe, dan fasilitas gaya hidup lainnya. 

Hilda B Alexander/Kompas.com Spazio di area komersial Graha Festival, Jl Mayjen Soewoyo, Surbaya Barat.
Sementara Spazio II yang mengombinasikan perkantoran dan hotel masih dalam proses konstruksi.

selain Intiland, PT Ciputra Surya Tbk (CTRS) juga terlihat makin intensif menggarap CBD CitraLand Surabaya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


EditorHilda B Alexander

Close Ads X