Jokowi: Renovasi Gelora Bung Karno Memperkuat RTH Jakarta

Kompas.com - 02/12/2016, 17:00 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau pekerjaan renovasi dan rehabilitasi kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Jumat (2/12/2016). Dalam tinjauan ini, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRPresiden Joko Widodo meninjau pekerjaan renovasi dan rehabilitasi kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Jumat (2/12/2016). Dalam tinjauan ini, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan yang tengah dilakukan saat ini, dinilai akan memperkuat ruang terbuka hijau (RTH) di DKI Jakarta.

Jokowi menyampaikan hal itu saat meninjau proyek renovasi GBK pada Jumat pagi (2/12/2016). 

Menurut dia, renovasi tersebut tidak hanya mempercantik bangunan namun juga lingkungan sekitar.

"Nanti akan memperkuat ruang terbuka hijau ibukota, tak hanya venue, tapi juga kawasannya. Semua akan kita renovasi dan perhatikan lingkungan," ujar Jokowi.

Penataan total kawasan GBK menelan anggaran Rp 3,5 triliun, termasuk istana olahraga (Istora), kolam renang (aquatic), juga penataan lanskap.

"Kita harapkan rampung pada November 2017 rampung dan progresnya sekarang sudah 11 persen," tambah Jokowi.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Stadion tenis Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2016). Menjelang kegiatan Asian Games 2018, pemerintah merehabilitasi venues atau tempat pertandingan olahraga di dalam kompleks Gelora Bung Karno (GBK) yang ditargetkan selesai pada September 2017.
Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan optimismenya terkait proyek renovasi GBK yang mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII pada 2018.

"Saya optimistis akan selesai sesuai target semuanya 2017 nanti," kata Basuki.

Pekerjaan renovasi, dan rehabilitasi kompleks GBK Senayan, ditugaskan kepada Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.

Terdapat 14 bangunan venues yang mengalami renovasi dan rehabilitasi yakni Stadion Utama, Lapangan Tenis Indoor dan Outdoor, Gedung Stadion Madya, Gedung Basket, Lapangan Hoki, Lapangan Panahan, Lapangan Sepakbola A/B/C, Stadion Renang dan Istora Senayan.

Selain melakukan renovasi, Ditjen Cipta Karya juga akan menata kawasan GBK untuk menciptakan kualitas ruang luar bangunan venue yang lebih baik namun dapat menyatu dengan bangunannya.

Perbaikan juga dilakukan terhadap sarana dan prasarana luar bangunan seperti gerbang, loket, jalur pedestrian, parkir, pagar, tempat duduk, toilet. Kemudian penanda kawasan, food court, playground, outdoor gym dan tempat sampah.

Renovasi Kompleks Gelora Bung Karno Senayan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X