Kompas.com - 01/12/2016, 18:00 WIB
High-Level Dialogue & Workshop Arimbi RamadhianiHigh-Level Dialogue & Workshop "Program sAIIG Mendukung Peran Pemerintah Daerah Mewujudkan Pencapaian Target SDGs di Sektor Sanitasi", di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2016).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 23 kabupaten/kota berpartisipasi dalam program sAIIG, yaitu program Hibah Infrastruktur Australia-lndonesia untuk sanitasi (sAIIG).

Banjarmasin menjadi salah satu dari 23 kabupaten/kota tersebut dan sudah menjalankan program ini sejak 2013.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengaku terbantu dengan adanya program ini, mengingat biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan akses sanitasi cukup besar.

Ia pun berharap, hibah melalui sAIIG dapat bertambah nilainya untuk tiap sambungan.

"Mungkin ada tambahan angka karena yang dikeluarkan pemerintah kota (pemkot) rata-rata Rp 12 juta per sambungan rumah (SR)," ujar Ibnu di Jakarta, di Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Di sisi lain, hibah yang diberikan dari program ini hanya Rp 3,5 juta-Rp 5 juta per SR.

Ibnu menyebutkan, besarnya biaya untuk pembangunan sambungan sanitasi di Banjarmasin disebabkan kesulitan konstruksi.

Menurut Ibnu, kondisi alam ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan ini membuat lahan rumah-rumah penduduk berada 20 sentimeter di bawah permukaan laut.

Hal ini menyebabkan kendala besar dalam pembangunan drainase dan akses air limbah. Selain itu, biaya pembangunan akses sanitasi juga tidak hanya sambungan pipa.

"Mengganti tangki septik itu juga harus karena (pipanya) tidak nyambung antara yang dimiliki masyarakat dengan yang kami bangun," kata Ibnu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.