India Rancang Tempat Ibadah Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 30/11/2016, 16:00 WIB
Kuil Vrindavan Chandrodaya Mandir di India bakal menjadi tempat ibadah paling tinggi di dunia dengan tinggi 213 meter. InGenious StudioKuil Vrindavan Chandrodaya Mandir di India bakal menjadi tempat ibadah paling tinggi di dunia dengan tinggi 213 meter.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Sebuah pengerjaan konstruksi sedang dilakukan di India. Struktur yang dibangun merupakan tempat ibadah tertinggi di dunia, yakni kuil Hindu setinggi 213 meter.

Vrindavan Chandrodaya Mandir di Uttar Pradesh, India akan menjadi tempat ibadah yang lebih besar dibanding St Peter's Basilica di Vatikan dan lebih tinggi dari Ul Minster kala selesai nanti.

Firma arsitektur InGenious Studio dan konsultas struktur Thornton Tomasetti telah merancang kuil yang juga merupakan pusat budaya termasuk taman bermain untuk komunitas internasional penganut Krishna tersebut.

Nantinya, bangunan tahan gempa ini memiliki bentuk layaknya roket dengan tinggi menjulang 70 lantai ke atas.

"Atraksi-atraksi yang direncanakan di taman bermain di sini seperti animatronik, taman wahana, permainan cahaya, dan efek-efek spesial layaknya Vraja Mandal Parikrama menampilkan pertunjukkan laser," kata Direktur Proyek Kuil Narasimha Das.

Kuil ini dilengkapi sebuah kapsul elevator yang digunakan untuk mengangkut para pengunjung menuju dek pengamatan.

Perjalanan tersebut berperan ganda bagi para pengunjung karena mampu merasakan pengalaman cahaya dan suara melalui sistem planet alam semesta seperti dalam literatur Weda.

Kuil yang didedikasikan bagi Dewa Sri Krishna, dalam kitab Weda dikatakan tumbuh dewasa di Vrindavan ini, dikelilingi oleh 12 hektar lahan yang ditanam untuk menciptakan kembali 12 hutan Braj.

Dana yang digunakan untuk pembangunan kuil ini didapat dari penjualan apartemen dan vila di sekitarnya, bersamaan dengan donasi dari umat Hindu India.

Saat ini pengerjaan kuil difokuskan pada pendalaman pondasi bangunan 54 meter.

"Kuil ini terdiri dari 511 kolom dan akan selesai Maret 2017 mendatang," pungkas Das.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X