Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Rancang Tempat Ibadah Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 30/11/2016, 16:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Sebuah pengerjaan konstruksi sedang dilakukan di India. Struktur yang dibangun merupakan tempat ibadah tertinggi di dunia, yakni kuil Hindu setinggi 213 meter.

Vrindavan Chandrodaya Mandir di Uttar Pradesh, India akan menjadi tempat ibadah yang lebih besar dibanding St Peter's Basilica di Vatikan dan lebih tinggi dari Ul Minster kala selesai nanti.

Firma arsitektur InGenious Studio dan konsultas struktur Thornton Tomasetti telah merancang kuil yang juga merupakan pusat budaya termasuk taman bermain untuk komunitas internasional penganut Krishna tersebut.

Nantinya, bangunan tahan gempa ini memiliki bentuk layaknya roket dengan tinggi menjulang 70 lantai ke atas.

"Atraksi-atraksi yang direncanakan di taman bermain di sini seperti animatronik, taman wahana, permainan cahaya, dan efek-efek spesial layaknya Vraja Mandal Parikrama menampilkan pertunjukkan laser," kata Direktur Proyek Kuil Narasimha Das.

Kuil ini dilengkapi sebuah kapsul elevator yang digunakan untuk mengangkut para pengunjung menuju dek pengamatan.

Perjalanan tersebut berperan ganda bagi para pengunjung karena mampu merasakan pengalaman cahaya dan suara melalui sistem planet alam semesta seperti dalam literatur Weda.

Kuil yang didedikasikan bagi Dewa Sri Krishna, dalam kitab Weda dikatakan tumbuh dewasa di Vrindavan ini, dikelilingi oleh 12 hektar lahan yang ditanam untuk menciptakan kembali 12 hutan Braj.

Dana yang digunakan untuk pembangunan kuil ini didapat dari penjualan apartemen dan vila di sekitarnya, bersamaan dengan donasi dari umat Hindu India.

Saat ini pengerjaan kuil difokuskan pada pendalaman pondasi bangunan 54 meter.

"Kuil ini terdiri dari 511 kolom dan akan selesai Maret 2017 mendatang," pungkas Das.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com