Obama Anugerahi Frank Gehry Medali Kebebasan

Kompas.com - 24/11/2016, 22:30 WIB
Arsitek dunia Frank Gehry saat dikalungi Medali Kebebasan oleh Presiden AS Barack Obama. Getty ImagesArsitek dunia Frank Gehry saat dikalungi Medali Kebebasan oleh Presiden AS Barack Obama.
|
EditorHilda B Alexander

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memberikan Medali Kebebasan 2016 kepada 21 warga sipil AS pada Selasa (22/11/2016).

Salah satu yang diberikan penghargaan tersebut adalah arsitek bermahzab post modern Frank Gehry.

Gehry dikenal sebagai arsitek yang merancang berbagai bangunan ternama seperti Walt Disney Concert Hall di Los Angeles dan Museum Guggenheim di Bilbao Spanyol.

Lantas apa yang membuat Gehry mendapat penghargaan dari Obama tersebut? Untuk menjawabnya, pertama kali yang mesti diketahui adalah tentang apa itu Presidential Medal of Freedom atau Medali Kebebasan Presiden.

Penghargaan ini diberikan untuk menghormati orang-orang di AS yang telah memberikan dampak positif terhadap budaya lokal dan dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi warga sipil.

"Semua orang di panggung ini telah menyentuhku secara personal dengan cara luar biasa. Orang-orang ini yang telah membantuku membentuk diriku sekarang dan memikirkan tentang jabatanku," kata Obama mengakhiri pidatonya.

Gehry tak diragukan lagi memiliki pengaruh pada budaya dan arsitektur di Amerika. Lahir di Toronto, Kanada, Gehry kini menetap di Los Angeles dan bertanggung jawab untuk beberapa bangunan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebut saja Sekolah Hukum Loyola di pusat Kota Los Angeles, Winton House di Minnesota, dan New York By Gehry yang merupakan salah satu menara residensial tertinggi di dunia.

Saat ini, Gehry tengah fokus mengerjakan sekolah nirlaba bagi anak-anak di lingkungan pendapatan rendah Watss, Los Angeles.

Menurut Fast Co Design, Gehry merupakan salah satu pengadopsi awal desain bangunan menggunakan komputer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X