Kompas.com - 21/11/2016, 22:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkotaan di Indonesia memiliki segudang masalah yang perbaikannya memdesak dikerjakan agar kehidupan warganya lebih sejahtera.

Sampah, kemacetan, dan konversi ruang terbuka hijau (RTH) menjadi kawasan komersial adalah masalah klasik dan tipikal yang dihadapi kota-kota di Indonesia.

Sejatinya, masalah di perkotaan berbeda satu sama lain dan dapat diidentifikasi dari banyaknya jumlah penduduk.

"Untuk kota-kota dengan jumlah penduduk tertentu seperti di atas satu juta jiwa itu yang mendesak adalah harus punya transportasi publik," ujar Direktur RUJAK Center for Urban Studies, Elisa Sutanudjaja, di Hotel Le Meridien Jakarta, Senin (21/11/2016).

Elisa menyebutkan dua kota dengan penduduk di atas satu juta jiwa yakni Bandung dan Surabaya. Sampai saat ini kedua kota tersebut masih belum menunjukkan perbaikan dalam hal transportasi publik yang memadai.

Sementara Jakarta, meski telah memiliki transportasi publik cukup memadai seperti TransJakarta dan Commuter Line, masih belum maksimal.

Isu perkotaan berikutnya yang mendesak untuk segera ditangani adalah berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dasar seperti air bersih dan sanitasi.

"Untuk air bersih kota-kota besar masih tergantung pada interland-nya. Sedangkan sanitasi saat ini air buangan, air selokan masih bercampur dengan air kotoran dari WC dan dapur. Padahal mestinya itu dibedakan," tutup dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.