Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima BUMN Turut Kembangkan Kawasan Desa Wisata Pinge

Kompas.com - 12/11/2016, 15:00 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Dalam pengembangan Desa Pinge sebagai desa wisata binaan sinergi Badan Usaha Milik Negera (BUMN) yang ada di Tabanan, Bali, PT Semen Indonesia turut serta memasang porous concrete (beton poros) dan flash concrete (beton cepat kering).

Selain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, BUMN lain yang terlibat dalam proyek ini adalah, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ITDC, PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, PT Patra Jasa, serta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

“Kami senang dapat terlibat dalam pengembangan Desa Wisata Pinge. Selain sebagai sinergi BUMN, kami juga dapat terus memperkenalkan produk kami yang sangat ramah lingkungan dan berkualitas tinggi, yakni porous concrete dan flash concrete,” kata Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia Aunur Rosyidi, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (12/11/2016).

Sinergi BUMN yang melibatkan perseroan merupakan ajang yang sangat tepat untuk terus memperkenalkan produk porous concrete dan flash concrete, yang tengah diproduksi.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mendapat porsi mengecor beton poros di area gerbang selamat datang desa wisata tersebut.

Area gerbang tersebut, termasuk jalan dan patung gajah seluas total 225 meter persegi, serta flash concrete di area Balai Ekonomi Desa (Balkondes) seluas 546 meter persegi.

“Dengan keberadaan Balkondes, kegiatan-kegiatan kebudayaan yang menarik pengunjung akan bisa terpusat di area ini,” tambahnya.

Aunur menuturkan, porous concrete merupakan inovasi perseroan dalam upaya mengatasi berkurangnya daerah serapan air, yang salah satu di antaranya menyebabkan banjir.

Porous concrete dapat berfungsi sebagai pavement, sekaligus sebagai serapan air untuk diteruskan ke dalam tanah dan membantu cadangan penyimpanan air tanah dan memperbaiki siklus hidrologi,” jelas Aunur.

Sedangkan flash concrete, merupakan solusi pengerjaan jalan dengan cepat dan tetap mempertahankan kualitas aplikasi.

Flash concrete juga dapat dengan cepat membentuk kekuatan, sehingga jalan yang diperbaiki dapat segera digunakan.

Kemampuan alir yang tinggi, dianggap memudahkan beton untuk mengalir dan memadat dengan sendirinya.

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan program sinergi BUMN dalam pengembangan pariwisata Indonesia sangat tepat untuk mewujudkan target wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta orang pada 2019.

“BUMN yang berfungsi sebagai agen pembangunan, bukan hanya membantu negara untuk menambah wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia, tapi yang paling utama adalah bisa membantu masyarakat Desa Pinge agar menambah pendapatannya sehingga menjadi sejahtera,” tutur Rini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com