Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Dukung Sekuritisasi Aset Jalan Tol

Kompas.com - 09/11/2016, 21:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hanya bertugas untuk membangun infrastruktur, dan memberikan pengelolaannya ke swasta.

Hal itu terutama ditujukan kepada BUMN yang bergerak di sektor infrastruktur jalan tol seperti PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Pasalnya, baik Jasa Marga maupun Waskita telah memiliki konsesi jalan terlalu lama dan perlu melakukan sekuritisasi aset.

"Saya sudah bilang ke Jasa Marga dan Waskita Karya kalau mereka itu tugasnya membangun jalan tol sebanyak-banyaknya bukan memiliki sehingga kalau sudah jadi ya harus dilepas," katanya saat membuka Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (9/11/2016).

Terkait sekuritisasi aset, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa mengatakan, pihaknya telah mengimbau sejak pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), namun belum ada implementasinya dan banyak pertimbangannya.

Di mata Erwin, aset-aset yang bersifat tetap seperti jalan tol tidak terpengaruh siapa pemiliknya lantaran akan selalu ada di Indonesia.

Aset jalan tol juga tidak bisa dibawa ke negara lain sehingga pelepasannya ke pihak swasta menguntungkan perseroan.

"Jadi saya setuju dengan presiden, aset-aset tersebut disekuritisasi saja kepada swasta yang memiliki modal murah untuk mereka bisa langsung masuk ke Indonesia. Dana yang diterima nanti bisa dipakai lagi membangun yang baru," tambahnya.

Erwin berharap agar kebijakan sekuritisasi aset ini bisa dilegalkan melalui Undang Undang, Keputusan Presiden, dan Peraturan Menteri sehingga pembangunan bisa terus bergulir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com