Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urusan Pencakar Langit, China Nomor Satu di Dunia

Kompas.com - 06/11/2016, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tahbis pencakar langit terbaik dunia atau The Best Tallest Building Worldwide 2016 yang disematkan kepada Shanghai Tower, sudah diprediksi banyak kalangan.

Baca: Shanghai Tower, Pencakar Langit Terbaik Dunia

Betapa tidak, Shanghai Tower yang berada di Kota Shanghai, merupakan gedung yang dirancang berkelanjutan, ramah lingkungan, dan representasi ruang komunal paling progresif yang ada di muka bumi.

China boleh berbangga atas pencapaian Shanghai Tower karena mengalahkan negara-negara dunia lainnya yang secara tradisi sudah lebih dulu membangun pencakar langit modern.

Tak hanya mendapat predikat terbaik dari gedung setinggi 632 meter tersebut, China juga tampil sebagai nomor satu dunia kategori negara dengan pembangunan pencakar langit terbanyak.

Menurut hasil riset Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), jumlah populasi gedung jangkung di atas 300 meter atau supertall yang dikembangkan di Negeri Tirai Bambu tersebut sebanyak 53 gedung.

Dari total 53 pencakar langit, 9 di antaranya masuk kategori megatall yakni gedung dengan ketinggian di atas setengah kilometer atau 500 meter.

Gedung-gedung tersebut adalah Suzhou Zhongnan Center (729 meter), Wuhan Greenland Center (636 meter), Ping An Finance Center (599 meter), Goldin Finance 117 (596,5 meter), dan Global Financial Center Tower 1 (568 meter).

Berikutnya, Guangzhou CTF Finance Center (530 meter), Tiangjin CTF Finance Center (530 meter), China Zhun Tower (528 meter), dan Dalian Greenland Center (518 meter).

youtube.com Menara tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Terletak di Dubai, Uni Emirat Arab, pencakar langit ini memiliki tinggi 828 meter.
Menyusul China adalah Uni Emirat Arab (UEA) dengan 17 pencakar langit. Satu di antaranya merupakan gedung terjangkung di dunia yakni Burj Khalifa yang menjulang 828 meter mencakup 163 lantai. 

Burj Khalifa yang dikembangkan Emaar Properties, terdiri dari perkantoran, apartemen, dan hotel. 

Di posisi ketiga Amerika Serikat dengan 13 pencakar langit. Gedung paling tinggi dan sangat populer adalah One World Trade Center.

Gedung perkantoran tersebut dirancang setinggi 541,3 meter dan meliputi 94 lantai. Pembangunannya selesai pada 2014.

Rusia berada di peringkat keempat dengan empat pencakar langit. Kendati tak ada satu pun yang masuk kategori megatall, namun keempat pencakar langit di Negeri Beruang Merah ini memiliki ketinggian di atas 330 meter.

Gedung tertingginya adalah Lakhta Center yang menjulang 462 meter dan masih dalam konstruksi. 

Mengekor Rusia di tempat kelima adalah Saudi Arabia dengan 3 pencakar langit. Satu di antaranya bakal menjadi yang terjangkung di dunia yakni Jeddah Tower.

Gedung tersebut didesain setinggi 1 kilometer atau 1.000 meter yang mencakup 167 lantai. Di dalamnya kelak terdapat fungsi apartemen, perkantoran, hotel, dan apartemen servis.

Jeddah Tower setinggi 1 kilometer akan menggantikan Burj Khalifa di Dubai sebagai gedung tertinggi di dunia.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com