Cara Mengatasi Suara-suara "Aneh" di dalam Rumah

Kompas.com - 02/11/2016, 23:43 WIB
Ionwood adalah lantai kayu yang menghasilkan ion negatif. Setiap satu sentimeter kubik lantai kayu ini dapat menghasilkan 3.000 unit ion negatif. Dok IonwoodIonwood adalah lantai kayu yang menghasilkan ion negatif. Setiap satu sentimeter kubik lantai kayu ini dapat menghasilkan 3.000 unit ion negatif.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Ketika terbangun di tengah malam dan mendengar suara-suara aneh dari kamar mandi, plafon, atau bahkan di antara dinding, jangan terburu-buru berkesimpulan bahwa ada aktivitas paranormal terjadi di rumah.

Cobalah untuk tenang, mencari sumber bunyi tersebut, kemudian pikirkan jalan keluarnya. Berikut ini beberapa kemungkinan yang bisa terjadi di rumah Anda, berikut solusinya.

Pertama, suara gemericik air dari kamar mandi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terdengarnya suara gemericik air.

Kerusakan keran, tidak tertutupnya saluran flush kloset dengan sempurna, atau adanya aliran air mengalir di dalam pipa.

Untuk mengatasi hal ini, segeralah mengganti keran di kamar mandi Anda, mengecek saluran pada kloset, dan membetulkan posisi katupnya, serta memastikan seluruh keran tertutup dengan sempurna.

Kedua, adanya suara ketukan atau dentuman dari dalam dinding. Suara ini terdengar lembut tetapi terjadi terus-menerus, atau bisa juga mengejutkan.

Hal ini kemungkinan terjadi karena tekanan udara pada pipa di dalam dinding. Tekanan udara menyebabkan pipa tersebut bergetar ketika tekanan tersebut dilepaskan.

Menyelesaikan masalah ini bukan perkara mudah, terutama karena Anda terpaksa harus mengecek pipa di dalam dinding. Hubungi tukang atau ahli perbaikan rumah secepatnya.

Ketiga, dengung dari alat elektronik. Bunyi-bunyian berulang dari alat elektronik seperti pendingin udara (AC), lemari es, dan kipas angin membuat sebagian orang merasa tenang, tetapi ada juga yang menganggapnya gangguan.

Bunyi-bunyian mengganggu dari pendingin udara biasanya terdengar dari unit eksteriornya. Sementara, bunyi-bunyian serupa dari lemari es kemungkinan berasal dari motor kompresor.

Halaman:


Sumber Houzz.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X