Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permudah Akses ke Borobudur, Tol Bawen-Yogyakarta Bakal Dibangun

Kompas.com - 28/10/2016, 23:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang akan diprioritaskan pengembangannya adalah Borobudur.

Bersama dengan Danau Toba dan Mandalika, infrastruktur konektivitas juga akan dibangun menuju Kawasan Borobudur, yakni Jalan Tol Bawen-Yogyakarta.

"Kalau dalam perencanaan Kementerian PUPR tercantum dalam rencana induk 2025, ada pembangunan Jalan Tol Bawen-Yogyakarta," kata Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR Rido Matari Ichwan, saat jumpa media di Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Rido mengatakan, studi kelayakan Jalan Tol Bawen-Yogyakarta bakal dipercepat dari jadwal semula yang sedianya dilakukan pada 2018.

Pasalnya, menurut analisis Kementerian Pariwisata, jalan tol tersebut bisa menjadi pemicu percepatan Borobudur sebagai KSPN.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk percepatan tersebut, studi kelayakan untuk pembangunan Jalan Tol Bawen-Yogyakarta sepanjang 100 kilometer akan dilakukan pada 2017 atau setahun lebih cepat dari rencana awal.

"Kami akan mencoba pada 2017 studi kelayakanannya dan bisa selesai. Kemudian normatifnya kami melakukan lelang tetapi juga sekaligus trasenya kami siapkan," tambah Rido.

Untuk studi kelayakan, Rido memperkirakan hanya membutuhkan waktu 6 bulan saja. termasuk kesiapan lahan seraya menyiapkan jumlah anggaran yang dibutuhkan.

"Saya kira belum soal anggarannya nanti akan dihitung dari pra studi kelayakannya dan ini akan dilelangkan nanti," tandas Rido

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com