Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tempat Lahir Adolf Hitler Siap Dihancurkan

Kompas.com - 25/10/2016, 17:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNN

VIENNA, KOMPAS.com - Sebuah rumah setinggi tiga lantai dengan naungan warna vanili dan jendela tua kotor dari abad 19 di Austria siap dihancurkan.

Rumah tersebut tak ubahnya dengan rumah lain di blok sama, tak ada yang bisa dilihat, kecuali orang-orang Neo Nazi yang kadang-kadang berkunjung.

Rumah itu merupakan saksi bisu kelahiran Adolf Hitler pada 1889.

"Setelah bertahun-tahun menuai perselisihan hukum, Pemerintah Austria memutuskan untuk menghancurkan rumah tersebut," kata Juru Bicara Menteri Dalam Negeri Austria Andreas Groesschartner.

Sebuah bangunan baru di Braunau am Inn, Barat Austria yang berbatasan langsung dengan Jerman rencananya akan menjadi pengganti rumah tersebut.

Selain itu akan menghapus semua hubungan dengan diktator Nazi tersebut serta menghentikan para Neo Nazi yang menjadikan rumah itu sebagai tempat berkumpul mereka.

Sebuah komite beranggotakan 13 orang menyimpulkan bahwa area kosong tersebut tak lagi dianjurkan untuk berdiri karena dapat menyiratkan penolakan sejarah Austria.

"Saya setuju dengan komite yang mendalami perancangan kembali arsitektural bangunan agar secara permanen tetap dikenalai dan memiliki nilai-nilai simbolis di dalamnya," kata Menteri Dalam Negeri Austria Wolfgang Sobotka.

Pada Selasa (25/10/2016) waktu setempat, sebuah Rancangan Undang-Undang (RUU) akan dibahas untuk pengambil alihan bangunan tersebut.

Setelah menyelesaikan proses di parlemen, pemerintah akan memutuskan masa depan bangunan tersebut yang memiliki kemungkinan menjadi rumah amal atau kantor pemerintahan.

Semua bangunan yang berhubungan dengan Hitler dan Nazi telah dihancurkan dan diubah fungsinya. Salah satunya adalah tempat istirahatnya di Pegunungan Alpen bernama Eagle's Nest saat ini menjadi restoran dan pusat informasi.

Selain itu ada pula markas cadangan Nazi di Berghof telah dihancurkan pada akhir Perang Dunia II dan saat ini reruntuhannya dibiarkan begitu saja.

Sedangkan markas Hitler lainnya yakni Wolf's Lair saat ini telah diubah menjadi sebuah hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com