Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsorsium Jasa Marga Menang Tender Tol Jakarta-Cikampek II

Kompas.com - 21/10/2016, 20:20 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Ranggi Sugiron Perkasa meraih hak pengusahaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Dalam metode lelang Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), konsorsium ini unggul dalam dukungan konstruksi pada Jalan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 12 kilometer.

Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini merupakan inisiasi Jasa Marga untuk memenuhi kebutuhan akan layanan lalu lintas yang semakin padat.

Hal tersebut diakibatkan oleh pertumbuhan lalu lintas di Koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Saat ini, volume kendaraan yang melintas telah melebihi kapasitas ruas jalan tersebut dengan V/C Rasio tertinggi mencapai 1.51.

Rencananya, proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) akan dibangun di atas Jalan Tol Jakarta-Cikampek existing.

Jalan tol yang membentang dari Cikunir-Karawang Barat ini direncanakan akan beroperasi pada tahun 2019 dengan masa konsesi selama 40 tahun.

Konsorsium ini menyiapkan investasi untuk pembangunan jalan tol dengan panjang 36.84 kilometer tersebut senilai Rp 16 triliun.

Sementara itu, komposisi kepemilikan saham keduanya, masing-masing 80 persen untuk PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan 20 persen PT Ranggi Sugiron Perkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com