Konsorsium Jasa Marga Menang Tender Tol Jakarta-Cikampek II

Kompas.com - 21/10/2016, 20:20 WIB
Gerbang Cikarang Utama di tol Jakarta-Cikampek. Febri Ardani/KompasOtomotifGerbang Cikarang Utama di tol Jakarta-Cikampek.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Ranggi Sugiron Perkasa meraih hak pengusahaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Dalam metode lelang Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), konsorsium ini unggul dalam dukungan konstruksi pada Jalan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 12 kilometer.

Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini merupakan inisiasi Jasa Marga untuk memenuhi kebutuhan akan layanan lalu lintas yang semakin padat.

Hal tersebut diakibatkan oleh pertumbuhan lalu lintas di Koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Saat ini, volume kendaraan yang melintas telah melebihi kapasitas ruas jalan tersebut dengan V/C Rasio tertinggi mencapai 1.51.

Rencananya, proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) akan dibangun di atas Jalan Tol Jakarta-Cikampek existing.

Jalan tol yang membentang dari Cikunir-Karawang Barat ini direncanakan akan beroperasi pada tahun 2019 dengan masa konsesi selama 40 tahun.

Konsorsium ini menyiapkan investasi untuk pembangunan jalan tol dengan panjang 36.84 kilometer tersebut senilai Rp 16 triliun.

Sementara itu, komposisi kepemilikan saham keduanya, masing-masing 80 persen untuk PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan 20 persen PT Ranggi Sugiron Perkasa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X