Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Kucuran Rp 5,75 Triliun, Santiago Bernabeu Disulap dengan Tampilan Baru

Kompas.com - 13/10/2016, 15:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNN

MADRID, KOMPAS.com — Markas besar Real Madrid, Santiago Bernabeu, sebentar lagi akan disulap menjadi stadion sepak bola termegah di kolong langit.

Stadion yang menjadi tempat bermain megabintang Cristiano Ronaldo ini telah mendapat dana sebesar 441 juta dollar Amerika Serikat atau lebih dari Rp 5,75 triliun untuk renovasi.

Kepastian dana ini diperoleh setelah pihak klub dan Dewan Kota Madrid mengumumkan kesepakatan pada Selasa (11/10/2016) untuk mengubah Santiago Bernabeu.

Proyek renovasi ini juga akan membuat Santiago Bernabeu memiliki atap yang bisa dibuka dan ditutup secara otomatis serta diharapkan bisa selesai pada 2020.

Tampilan fasad stadion akan menghadirkan kilas balik momen bersejarah yang pernah dialami Real Madrid.

"Ini menjadi transformasi yang dramatis. Kami akan memiliki stadion terbaik. Kami melakukannya untuk Real Madrid, penggemar, dan kota ini," kata Presiden Real Madrid Florentino Perez.

Dalam rencana perubahan ini, Santiago Bernabeu tetap memiliki kapasitas 81.044 kursi dengan penambahan fasad baru mencolok yang akan memainkan kilasan-kilasan pendek momen terbesar Real Madrid sepanjang sejarah.

Pada dasarnya, pihak klub telah memiliki rencana mengubah Santiago Bernabeu sejak beberapa tahun lalu, tetapi terbentur keputusan pengadilan dan dewan kota.

Setelah kesepakatan diraih, Perez optimistis Santiago Bernabeu nantinya bakal menjadi pelopor arsitektural ikonis dunia.

Di dalam rencana perubahan, terdapat struktur metalik terbaru yang akan mencakup ruang ritel, restoran, hotel, dan museum klub.

Di dalam struktur metalik barunya, Santiago Bernabeu akan memiliki hotel, restoran, museum, dan area ritel.

Wali Kota Madrid Carmena merasa sangat puas dengan kesepakatan yang dibuat dan menekankan pentingnya meningkatkan kualitas area di sekitar stadion.

Perubahan Santiago Bernabeu akan membantu Real Madrid bersaing dengan rival domestiknya, Barcelona, di luar lapangan, setelah tim asal Catalunya itu mengungkapkan rencana peningkatan Stadion Camp Nou pada Maret 2017.

Peningkatan Camp Nou dijadwalkan selesai pada musim 2021/2022 dengan memberikan tambahan kapasitas dari 99.354 kursi menjadi 105.000 kursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com