Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tahun Bekerja, Ini Capaian Kementerian PUPR

Kompas.com - 07/10/2016, 15:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun sudah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja di dalam Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla (JK).

Selama periode tersebut, beberapa pembangunan infrastruktur dan perumahan telah diinisiasi dan beberapa lagi telah diselesaikan.

"Menyongsong dua tahun Kabinet Kerja kami akan melaporkan segala kinerja yang telah diamanahkan ke kami," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam jumpa pers di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Di bidang ketahanan pangan, selama periode 2015 Kementerian PUPR telah membangun 13 waduk baru, melanjutkan pembangunan 16 waduk, dan menyelesaikan sebanyak 5 waduk serta membangun jaringan irigasi baru seluas 182.000 hektar.

Sementara bidang konektivitas, Kementerian PUPR telah membangun jalan tol sepanjang 153 kilometer dari target 1.060 kilometer hingga 2019 nanti.

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah mencapai pembangunan jembatan baru sepanjang 7.970 meter.

Sedangkan di sektor permukiman, dalam dua tahun kerja, Kementerian PUPR telah membangun sistem penyediaan air minum (SPAM) dengan kapasitas 7.349 liter per detik dan merevitalisasi 159 kawasan tematik perkotaaan.

Adapun untuk sektor perumahan, Kementerian PUPR telah membangun 10.497 unit rumah susun (rusun) pada 2015 dan meningkatkan kualitas 82.245 unit rumah swadaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com