Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Properti Singapura Tak Terpengaruh Amnesti Pajak Indonesia

Kompas.com - 07/10/2016, 09:06 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Implementasi tax amnesty atau pengampunan pajak yang dilakukan pemerintah Indonesia disebut Credit Suisse tidak memiliki pengaruh apa-apa terhadap pasar properti, khususnya residensial Singapura.

Dalam laporannya, Credit Suisse mencatat orang Indonesia memiliki sejarah panjang sebagai pasar asing terbesar yang menjadi pembeli properti residensial primer di Singapura.

Oleh sebab itu, ketika amnesti pajak resmi diberlakukan, muncul kekhawatiran tentang banyaknya orang Indonesia yang segera mencairkan kepemilikan properti mereka di Singapura dan merepatriasi aset-asetnya kembali ke negaranya sehingga menyebabkan penurunan harga residensial primer di sana.

Namun, tulis Credit Suisse, dana aset repatriasi yang ditemukan justru hanya 13 miliar dollar Singapura atau sekitar Rp 123 triliun.

Angka ini lebih rendah secara signifikan dari deklarasi total aset mencapai 251 miliar dollar Singapura atau senilai lebih dari Rp 2.000 triliun.

Di sisi lain, amnesti pajak ini juga tidak menimbulkan kenaikan terhadap pembelian properti residensial primer Singapura oleh orang Indonesia.

Mengutip data dari Urban Redevelopment Authority (URA) per 20 September 2016, 610 dari 1.844 pembeli properti regional primer pusat kota (CCR) Singapura adalah orang asing dengan penduduk Indonesia tercatat memiliki 136 unit.

Bahkan volum year-to-date sampai saat ini terus menurun mengingat beberapa tindakan seperti Additional Buyer Stamp Duty (ABSD) atau pajak pembelian yang dibebankan pada orang asing.

Akibatnya, orang asing mewakili 33 persen penjualan properti di CCR secara year to date, sejalan dengan rata-rata historis.

Sementara itu pembeli Indonesia merepresentasikan 7,4 persen dari total penjualan, di bawah rata-rata historis yang mencapai 10 persen.

Dengan demikian, peningkatan pembeli asing pada proyek residensial baru kemungkinan besar didorong oleh kombinasi atribut proyek dan diskon atau insentif.

Sebagai contoh di Cairnhill Nine, sebesar 50 persen dari 215 unit yang terjual dibeli oleh warga Singapura, sedangkan sisanya didistribusikan ke warga negara India, China, dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com