Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelusuri Uniknya Rumah Jendela di Pangkalpinang

Kompas.com - 03/10/2016, 08:36 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Sebuah rumah dengan arsitektur unik bisa Anda temukan di Kelurahan Kejaksaan Kacang Pedang, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rumah ini terbilang tidak biasa, karena memiliki banyak bukaan yakni jendela bekas yang dicat warna warni.

Ratusan jendela dengan berbagai ukuran menghiasi hampir seluruh bangunan yang terdiri dari dua lantai tersebut.

Jendela-jendela yang dipasang pada bangunan ini sebagian di antaranya berfungsi sebagai jendela sungguhan dan sebagian lainnya dipasang sebagai elemen dekoratif.

Untuk menambah semarak suasana, jendela-jendela yang terpasang dicat beraneka warna. Pengerjaan bangunan yang dibuka untuk umum ini baru berjalan 45 persen, namun kenyataannya pengunjung datang silih berganti.

Umumnya para pengunjung dari kalangan remaja yang mengetahui informasi tentang rumah jendela dari media sosial.

Heru Dahnur/Kompas.com Bangunan Rumah Jendela yang terdiri dari dua lantai di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ini belum selesai 100 persen konstruksinya.
“Bentuknya unik. Teman-teman sudah banyak yang tahu juga dari foto-foto,” kata Olivia, salah seorang pengunjung, kepada Kompas.com, Minggu (2/10/2016).

Saat berada di rumah jendela, pengunjung bisa bersantai dan berfoto. Sejumlah benda bernilai seni sengaja dipajang untuk memberikan pengetahuan tentang seni kepada pengunjung.

“Rumah jendela kami sebut juga sebagai rumah inspirasi dan akan dilengkapi perpustakaan serta ruang pemutaran video dokumenter,” ujar petugas pengelola, Logika.

Rumah jendela yang merupakan milik pribadi ini, sengaja dibangun untuk tujuan sosial dan edukasi. Para pengunjung pun hanya dikenakan sumbangan sukarela sebagai ongkos kebersihan.

Jadi, Anda bisa menikmati setiap dekorasi yang unik dari rumah jendela tanpa harus khawatir mengeluarkan biaya besar.

Anda bisa melakukan swafoto, juga mendapat pengetahuan dari rumah jendela ini.

Heru Dahnur/Kompas.com Para remaja berpose sebelum difoto saat berkunjung di Rumah Jendela di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com